Administrasi, Informasi, Modul, Dan Berbagai Hal Yang Berkaitan Dengan Dunia Pendidikan

Rabu, 25 Oktober 2017

Contoh Macam-Macam Surat Niaga Lengkap Yang Baik Dan Benar

Kurikulum-pendidikan1.blogspot.com | Surat merupakan sebuah sarana komunikasi, untuk menyampaikan informasi secara tertulis, dari satu pihak kepada pihak lainnya. Sebelum teknologi terutama di bidang komunikasi mengalami perkembangan, surat pernah menjadi salah satu media andalan untuk mengirimkan informasi, dari suatu tempat ke tempat lain yang jaraknya berjauhan.

Kini perkembangan teknologi di bidang komunikasi, mengalami perkembangan yang begitu pesat. Sehingga komunikasi dapat berlangsung secara cepat, meski kedua pihak berada di tempat yang berbeda dan jauh jaraknya, penggunaan surat sebagai media komunikasi pun mulai meredup. Namun dibeberapa sendi kehidupan, penggunaan surat masih sangat diperlukan, seperti halnya ketika melamar pekerjaan, dalam bidang keniagaan, dan lain sebagainya.

Apabila ditinjau dari segi bentuk, isi, dan bahasanya, secara umum surat dapat digolongkan menjadi tiga bentuk, yakni surat pribadi, surat dinas, dan surat niaga. Sedangkan apabila ditinjau berdasarkan fungsi pemakaiannya, surat dapat dibagi menjadi tiga bentuk pula, yakni surat pribadi, surat resmi, dan surat dinas.

Sebagaimana dikatakan di atas, bahwa salah satu jenis surat ialah Surat Niaga. Surat Niaga sendiri memiliki arti sebagai surat yang dibuat atau dikeluarkan untuk kepentingan perdagangan, niaga, atau urusan bisnis. Surat ini dikeluarkan oleh perusahaan atau badan usaha dalam kapasitas menjalankan usahanya. Surat ini merupakan jenis resmi yang pada umumnya berisi tentang penawaran dan jual-beli barang atau jasa.


Fungsi Surat Niaga

Ada beberapa fungsi dari Surat Niaga, yang diantaranya ialah sebagai berikut :
  1. Menjadi sebuah wujud nyata atau bukti jika terjadi perjanjian.
  2. Menjadi alat pengingat yang dapat diarsipkan dan bisa dilihat setiap dibutuhkan.
  3. Menjadi wakil penulis untuk dapat bertatap dengan lawan bicaranya.
  4. Menjadi panduan ketika dalam menjalankan tugas.
  5. Menjadi alat untuk promosi.
  6. Menjadi suatu bahan atau alat dalam mengambil keputusan.
  7. Menjadi bukti sejarah karena kebanyakan informasi sejarah ditulis juga dalam bentuk surat.

Jenis-Jenis Surat Niaga Beserta Contohnya :

Berdasarkan dari isi suratnya, Surat Niaga dapat dikategorikan ke dalam beberapa jenis, yang diantaranya ialah :

1. Surat Perkenalan

- Pengertian Surat Niaga Jenis Surat Perkenalan :

Surat Perkenalan, ialah surat yang dikirimkan oleh penjual kepada calon pembeli, dengan tujuan untuk memperkenalkan produk berupa barang atau jasa yang dijualnya. Dengan kata lain surat ini merupakan surat promosi.

- Contoh Format Pembuatan Surat Perkenalan :

Bagi Anda yang sedang mencari contoh Surat Perkenalan, sebagai bahan pembelajaran guna lebih memahami format serta isi surat tersebut, yang dapat Anda gunakan untuk acuan dalam pembuatan Surat Perkenalan. Sehingga Anda dapat membuatnya dengan baik dan benar, baik bagi Anda yang masih bersekolah dan memperoleh tugas dari guru untuk membuatnya, maupun bagi Anda yang sudah memiliki bisnis guna melancarkan bisnis yang Anda geluti. Silahkan mendownload file Contoh Surat Perkenalan melalui link yang telah kami sediakan di bawah ini.

File Preview :


Download File Disini :

Download Contoh Surat Niaga Jenis Surat Perkenalan.docx
(
Mediafire)(Google Drive)

2. Surat Permintaan Penawaran

- Pengertian Surat Niaga Jenis Surat Permintaan Penawaran :

Surat Permintaan Penawarn, ialah surat yang dikirim oleh calon pembeli kepada penjual, dimana berisi tentang permintaan agar sang penjual, mengirimkan surat penawaran terhadap suatu produk. Surat ini dapat dibuat atas inisiatif sendiri, atau karena sebelumnya telah melihat surat perkenalan dari penjual, sehingga sang pembeli tertarik akan barang atau jasa yang dijual. Inti dari isi surat ini, ialah meminta penjelasan secara rinci terkait dengan produk yang dijual, seperti nama produk, harga, cara pembayaran, cara penyerahan atau pengiriman, serta hal-hal lain yang dianggap penting.

- Contoh Format Pembuatan Surat Permintaan Penawaran :

Bagi Anda yang sedang mencari contoh Surat Permintaan Penawaran, sebagai bahan pembelajaran guna lebih memahami format serta isi surat tersebut, yang dapat Anda gunakan untuk acuan dalam pembuatan Surat Permintaan Penawaran. Sehingga Anda dapat membuatnya dengan baik dan benar, baik bagi Anda yang masih bersekolah dan memperoleh tugas dari guru untuk membuatnya, maupun bagi Anda yang sudah memiliki bisnis guna melancarkan bisnis yang Anda geluti. Silahkan mendownload file Contoh Surat Permintaan Penawaran melalui link yang telah kami sediakan di bawah ini.

File Preview :


Download File Disini :

Download Contoh Surat Niaga Jenis Surat Permintaan Penawaran.docx
(
Mediafire)(Google Drive)

3. Surat Penawaran

- Pengertian Surat Niaga Jenis Surat Penawaran :

Surat Penawaran, ialah surat yang dikirimkan oleh penjual kepada calon pembelinya, dengan tujuan untuk menawarkan suatu produk. Isi pokok dari surat penawaran, ialah menyampaikan secara rinci informasi tentang produk yang ditawarkan, yakni berupa kualifikasi produk, cara pembayaran, harga, dan lain sebagainya. Apabila surat ini merupakan jawaban dari surat Permintaan Penawaran dari pembeli, maka isinya harus mengacu pada informasi yang diminta, oleh pengirim Surat Permintaan Penawaran atau calon pembeli.

- Contoh Format Pembuatan Surat Penawaran :

Bagi Anda yang sedang mencari contoh Surat Penawaran, sebagai bahan pembelajaran guna lebih memahami format serta isi surat tersebut, yang dapat Anda gunakan untuk acuan dalam pembuatan Surat Penawaran. Sehingga Anda dapat membuatnya dengan baik dan benar, baik bagi Anda yang masih bersekolah dan memperoleh tugas dari guru untuk membuatnya, maupun bagi Anda yang sudah memiliki bisnis guna melancarkan bisnis yang Anda geluti. Silahkan mendownload file Contoh Surat Penawaran melalui link yang telah kami sediakan di bawah ini.

File Preview :


Download File Disini :

Download Contoh Surat Niaga Jenis Surat Penawaran Barang.docx
(
Mediafire)(Google Drive)

4. Surat Pesanan

- Pengertian Surat Niaga Jenis Surat Pesanan :

Surat Pesanan, ialah surat yang dibuat dan dikirimkan oleh calon pembeli kepada penjual, yang berisi permintaan atau pemesanan produk yang akan dibeli. Surat ini boleh saja dibuat karena kebutuhan, ataupun karena sebelumnya sudah menerima surat penawaran, dari pihak penjual. Isi pokok dari surat ini ialah menyebutkan nama produk, harga produk, cara pembayaran, dan lain-lain.

- Contoh Format Pembuatan Surat Pesanan :

Bagi Anda yang sedang mencari contoh Surat Pesanan, sebagai bahan pembelajaran guna lebih memahami format serta isi surat tersebut, yang dapat Anda gunakan untuk acuan dalam pembuatan Surat Pesanan. Sehingga Anda dapat membuatnya dengan baik dan benar, baik bagi Anda yang masih bersekolah dan memperoleh tugas dari guru untuk membuatnya, maupun bagi Anda yang sudah memiliki bisnis guna melancarkan bisnis yang Anda geluti. Silahkan mendownload file Contoh Surat Pesanan melalui link yang telah kami sediakan di bawah ini.

File Preview :


Download File Disini :

Download Contoh Surat Niaga Jenis Surat Pesanan Barang.docx
(
Mediafire)(Google Drive)

5. Surat Pemberitahuan Pengiriman Barang

- Pengertian Surat Niaga Jenis Surat Pemberitahuan Pengiriman Barang :

Surat Pemberitahuan Pengiriman Barang, ialah surat yang dibuat dan dikirim oleh penjual sebagai bentuk jawaban atas pesanan sang pembeli, yang berisi tentang pemberitahuan bahwa pesanan telah disetujui dan siap untuk dikirimkan. Disamping sebagai pemberitahuan, surat ini juga berguna agar pembeli dapat mempersiapkan diri, dalam menerima barang pesanan tersebut.

Surat ini biasanya hanya dibuat dalam pengiriman barang partai besar dan jauh. Isi dari surat ini, yakni penjelasan tentang jenis barang serta jumlahnya, alat angkut yang digunakan, serta perkiraan kapan barang akan sampai ke tempat pembeli. Jika diperlukan, agar lebih jelas lagi dilampiri dengan dokumen-dokumen pengiriman, asuransi, dan packing list. 

- Contoh Format Pembuatan Surat Pemberitahuan Pengiriman Barang :

Bagi Anda yang sedang mencari contoh Surat Pemberitahuan Pengiriman Barang, sebagai bahan pembelajaran guna lebih memahami format serta isi surat tersebut, yang dapat Anda gunakan untuk acuan dalam pembuatan Surat Pemberitahuan Pengiriman Barang. Sehingga Anda dapat membuatnya dengan baik dan benar, baik bagi Anda yang masih bersekolah dan memperoleh tugas dari guru untuk membuatnya, maupun bagi Anda yang sudah memiliki bisnis guna melancarkan bisnis yang Anda geluti. Silahkan mendownload file Contoh Surat Pemberitahuan Pengiriman Barang melalui link yang telah kami sediakan di bawah ini.

File Preview :


Download File Disini :

Download Contoh Surat Niaga Jenis Surat Pemberitahuan Pengiriman Barang.docx
(
Mediafire)(Google Drive)

6. Surat Pengaduan

- Pengertian Surat Niaga Jenis Surat Pengaduan :

Surat Pengaduan, ialah surat yang dibuat dan dikirimkan oleh pembeli, karena adanya masalah yang terjadi, pada produk yang diterimanya. Masalah ini biasanya timbul, karena adanya ketidaksesuaian antara pesanan, dengan barang yang kirimkan. Misalkan barang rusak, jumlah atau kualitas yang tidak sesuai, dan hal lain sebagainya. 

- Isi surat pengaduan memuat beberapa hal, yang diantaranya ialah :
  1. Pernyataan tentang telah diterimanya barang yang dipesan
  2. Pernyataan maaf atas adanya ketidaksesuaian
  3. Usulkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut
  4. Bila dipandang perlu nyatakan belum dapat memenuhi kewajiban sesuai pesanan, sebelum masalah diselesaikan.

- Contoh Format Pembuatan Surat Pengaduan :

Bagi Anda yang sedang mencari contoh Surat Pengaduan, sebagai bahan pembelajaran guna lebih memahami format serta isi surat tersebut, yang dapat Anda gunakan untuk acuan dalam pembuatan Surat Pengaduan. Sehingga Anda dapat membuatnya dengan baik dan benar, baik bagi Anda yang masih bersekolah dan memperoleh tugas dari guru untuk membuatnya, maupun bagi Anda yang sudah memiliki bisnis guna melancarkan bisnis yang Anda geluti. Silahkan mendownload file Contoh Surat Pengaduan melalui link yang telah kami sediakan di bawah ini.

File Preview :

Download File Disini :

Download Contoh Surat Niaga Jenis Surat Pengaduan.docx
(
Mediafire)(Google Drive)

7. Surat Jawaban Pengaduan

- Pengertian Surat Niaga Jenis Surat Jawaban Pengaduan :

Surat Jawaban Penganduan, ialah surat yang dikirimkan oleh penjual kepada pembeli, sebagai jawaban atas surat pengaduan yang dikirimkan sang pembeli. Apabila penjual menerima surat pengaduan dari seorang pembeli, harus secepatnya ditindaklanjuti dengan menjawab surat tersebut. 

- Isi dari surat ini, diantaranya ialah  :
  1. Ucapkan terima kasih atas surat pengaduan yang telah dikirmkan
  2. Sampaikan penyesalan atas masalah yang terjadi serta alasannya
  3. Berikan keputusan dalam memecahkan masalah tersebut
  4. Apabila masalah terjadi diluar tanggung jawab penjual, berikan saran agar pembeli dapat mengurusnya dan siap memberikan bantuan bila diperlukan
  5. Yakinkan pembeli bahwa masalah tersebut tidak akan terjadi lagi di waktu mendatan. 

- Contoh Format Pembuatan Surat Jawaban Pengaduan :

Bagi Anda yang sedang mencari contoh Surat Jawaban Pengaduan, sebagai bahan pembelajaran guna lebih memahami format serta isi surat tersebut, yang dapat Anda gunakan untuk acuan dalam pembuatan Surat Jawaban Pengaduan. Sehingga Anda dapat membuatnya dengan baik dan benar, baik bagi Anda yang masih bersekolah dan memperoleh tugas dari guru untuk membuatnya, maupun bagi Anda yang sudah memiliki bisnis guna melancarkan bisnis yang Anda geluti. Silahkan mendownload file Contoh Surat Jawaban Pengaduan melalui link yang telah kami sediakan di bawah ini.

File Preview :


Download File Disini :

Download Contoh Surat Niaga Jenis Surat Jawaban Pengaduan.docx
(
Mediafire)(Google Drive)

8. Surat Pengiriman Pembayaran

- Pengertian Surat Niaga Jenis Surat Pengiriman Pembayaran :

Surat Pengiriman Pembayaran, ialah surat yang hanya dibuat apabila pembayaran dilakukan tidak secara cash, pada saat produk berupa barang diterima oleh pembeli. Atau bisa juga dibayarkan secara langsung setelah pembeli menerima kiriman produk, seperti yang dipesannya dan tidak ada masalah dengan produk tersebut, maka dia wajib melakukan pembayaran sesuai dengan kesepakatan sebelumnya. 

- Poin penting yang perlu dicantumkan dalam Surat Pengiriman Pembayaran, diantaranya ialah :
  1. Hubungkan dengan surat pesanan dan pemberitahuan pengiriman barang. Apabila sebelum pengiriman pembayaran, pembeli mengajukan pengaduan maka hubungkan juga surat jawaban pengaduan bila ada
  2. Menyebutkan jumlah uang yang sudah dibayarkan
  3. Penjelasan mengenai cara pembayaran
  4. Lampiran bukti pembayaran
  5. Apabila tidak bisa membayar secara penuh kemukakan alasannya

- Contoh Format Pembuatan Surat Pengiriman Pembayaran :

Bagi Anda yang sedang mencari contoh Surat Pengiriman Pembayaran, sebagai bahan pembelajaran guna lebih memahami format serta isi surat tersebut, yang dapat Anda gunakan untuk acuan dalam pembuatan Surat Pengiriman Pembayaran. Sehingga Anda dapat membuatnya dengan baik dan benar, baik bagi Anda yang masih bersekolah dan memperoleh tugas dari guru untuk membuatnya, maupun bagi Anda yang sudah memiliki bisnis guna melancarkan bisnis yang Anda geluti. Silahkan mendownload file Contoh Surat Pengiriman Pembayaran melalui link yang telah kami sediakan di bawah ini.

File Preview :


Download File Disini :

Download Contoh Surat Niaga Jenis Surat Pengiriman Pembayaran.docx
(
Mediafire)(Google Drive)

9. Surat Penagihan

- Pengertian Surat Niaga Jenis Surat Penagihan :

Surat Penagihan, ialah surat yang dibuat dan dikirim oleh penjual kepada pembeli, karena sang pembeli sampai batas waktu yang telah disepakati sebelumnya, belum juga membayar atau melunasi kewajibannya. Isi pokok dari surat ini, adalah permintaan kepada sang pembeli untuk segera melunasi atau membayar utangnya. 

- Hal-hal yang perlu dicantumkan dalam surat ini, diantaranya ialah :
  1. Bukti bahwa pembeli belum membayar/melunasi utangnya
  2. Hubungkan dengan surat pesanan atau pengiriman barang dan faktur
  3. Ingatkan bahwa tanggal jatuh tempo sudah lewat
  4. Jumlah utang yang belum dibayar
  5. Akhiri surat dengan penuh harapan agar pembeli segera membayarnya dalam batas waktu 

Apabila telah lebih dari dua minggu, setelah batas waktu yang diberikan sang pembeli belum juga membayae, maka penjual dapat membuat surat penagihan kedua. Dan jika penagihan kedua juga tidak mendapat reaksi dari pembeli, maka dapat dilayangkan surat penagihan ketiga. Bila penagihan ketiga juga tidak mendapatkan tanggapan, maka penjual dapat melayangkan penagihan keempat yang isinya disertai ancaman, bahwa bila sampai batas waktu tertentu tidak juga diselesaikan, permasalahan ini akan dibawa ke ranah hukum.

- Contoh Format Pembuatan Surat Penagihan :

Bagi Anda yang sedang mencari contoh Surat Penagihan, sebagai bahan pembelajaran guna lebih memahami format serta isi surat tersebut, yang dapat Anda gunakan untuk acuan dalam pembuatan Surat Penagihan. Sehingga Anda dapat membuatnya dengan baik dan benar, baik bagi Anda yang masih bersekolah dan memperoleh tugas dari guru untuk membuatnya, maupun bagi Anda yang sudah memiliki bisnis guna melancarkan bisnis yang Anda geluti. Silahkan mendownload file Contoh Surat Penagihan melalui link yang telah kami sediakan di bawah ini.

File Preview :


Download File Disini :

Download Contoh Surat Niaga Jenis Surat Penagihan.docx
(
Mediafire)(Google Drive)

10. Surat Penangguhan Pembayaran

- Pengertian Surat Niaga Jenis Surat Penangguhan Pembayaran :

Surat Penangguhan Pembayaran, ialah surat yang dibuat dan dikirim oleh sang pembeli bisa karena inisiatifnya sendiri, atau karena adanya surat penagihan dari penjual. 

- Isi Surat Penangguhan Pembayaran, diantaranya ialah :
  1. Pernyataan/hubungkan bahwa pembeli telah menerima kiriman barang atau telah menerima surat penagihan
  2. Pernyatakan penyesalan karena adanya masalah sehingga belum dapat memenuhi kewajibannya sesuai dengan kesepakatan
  3. Mohonkan penjadwalan ulang dan cara pembayarannya
  4. Berjanji untuk segera melunasinya 

- Contoh Format Pembuatan Surat Penangguhan Pembayaran :

Bagi Anda yang sedang mencari contoh Surat Penangguhan Pembayaran, sebagai bahan pembelajaran guna lebih memahami format serta isi surat tersebut, yang dapat Anda gunakan untuk acuan dalam pembuatan Surat Penangguhan Pembayaran. Sehingga Anda dapat membuatnya dengan baik dan benar, baik bagi Anda yang masih bersekolah dan memperoleh tugas dari guru untuk membuatnya, maupun bagi Anda yang sudah memiliki bisnis guna melancarkan bisnis yang Anda geluti. Silahkan mendownload file Contoh Surat Penangguhan Pembayaran melalui link yang telah kami sediakan di bawah ini.

File Preview :


Download File Disini :

Download Contoh Surat Niaga Jenis Penangguhan Pembayaran.docx
(
Mediafire)(Google Drive)

11. Surat Jawaban Penangguhan Pembayaran

- Pengertian Surat Niaga Jenis Surat Jawaban Penangguhan Pembayaran :

Surat Jawaban Penangguhan Pembayaran, ialah surat yang hanya dibuat oleh penjual, apabila pembeli mengirimkan surat penangguhan pembayaran, sebagai balasan akan surat tersebut

- Isi Surat Jawaban Penangguhan Pembayaran, diantaranya ialah :
  1. Penyampaian bahwa surat permohonan penangguhan telah diterima
  2. Apabila penjual dapat memahami permasalahan yang dihadapi oleh pembeli, nyatakan persetujuannya dan selanjutnya buat keputusan tentang cara pembayarannya. Namun jika penjual tidak dapat menyetujuinya, nyatakan dengan jelas alasannya
  3. Yakinkan bahwa permasalahan akan segera berakhir

- Contoh Format Pembuatan Surat Jawaban Penangguhan Pembayaran :

Bagi Anda yang sedang mencari contoh Surat Jawaban Penangguhan Pembayaran, sebagai bahan pembelajaran guna lebih memahami format serta isi surat tersebut, yang dapat Anda gunakan untuk acuan dalam pembuatan Surat Jawaban Penangguhan Pembayaran. Sehingga Anda dapat membuatnya dengan baik dan benar, baik bagi Anda yang masih bersekolah dan memperoleh tugas dari guru untuk membuatnya, maupun bagi Anda yang sudah memiliki bisnis guna melancarkan bisnis yang Anda geluti. Silahkan mendownload file Contoh Surat Jawaban Penangguhan Pembayaran melalui link yang telah kami sediakan di bawah ini.

File Preview :


Download File Disini :

Download Contoh Surat Niaga Jenis Jawaban Penangguhan Pembayaran.docx
(
Mediafire)(Google Drive)

Itulah ulasan mengenai pengertian dan contoh dari macam-macam Surat Niaga. Bagi Anda yang mendownload file-file contoh Surat Niaga tersebut, jangan lupa untuk membacanya kembali sembari memahaminya sehingga ketika Anda butuh untuk membuatnya, Anda akan dengan mudah menyelesaikan surat tersebut. Bagi yang mendownloadnya demi kepentingan tugas, jangan lupa juga membaca dan melakukan penyuntingan, pada surat yang Anda download di sini. Semoga apa yang kami bagikan kali ini ada nilai gunanya bagi kita semua.

Sumber : www.contohsurat123.com/2014/11/contoh-jenis-macam-surat-niaga.html
Share:

Sample Text

Copyright © kurikulum-pendidikan1.blogspot.com | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com