Administrasi, Informasi, Modul, Dan Berbagai Hal Yang Berkaitan Dengan Dunia Pendidikan

Senin, 09 Oktober 2017

Download Contoh Administrasi Guru Kelas SD/MI Tahun Ajar 2017/2018

Kurikulum-pendidikan1.blogspot.comAdministrasi adalah usaha dan kegiatan, yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan, sebagai upaya untuk mencapai tujuan. Administrasi dalam arti sempit, ialah kegiatan yang meliputi: pencatatan, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya, yang bersifat teknis ketatausahaan.

Dan dalam arti yang luas, administrasi dapat diartikan sebagai seluruh proses kerja sama, antara dua orang atau lebih dalam upaya mencapai tujuan, dengan memanfaatkan sarana prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna. Selain pengertian secara sempit dan secara luas yang telah kita jelaskan, ada juga beberapa pengertian administrasi yang dikemukakan oleh para ahli, berikut ini beberapa pengertian administrasi menurut para ahli :

 - Arthur Grager
Administrasi adalah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat suatu organisasi.
- George Terry
Administrasi adalah perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
- Sondang P. Siagian
Administrasi adalah keseluruhan proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
- William Leffingwell dan Edwin Robinson
Administrasi adalah cabang ilmu manajemen yang berkenaan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan, dan dimana pekerjaan itu harus dilakukan.

Dari semua penjelasan tentang pengertian administrasi dari para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa administrasi melingkupi seluruh kegiatan, dari mulai pengaturan hingga pengurusan sekelompok orang, yang memiliki diferensiasi pekerjaan dengan maksud untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Download Contoh Administrasi Guru Kelas SD/MI Tahun Ajar 2017/2018Ruang Lingkup Administrasi :

Ruang lingkup ilmu administrasi sebenarnya sangat luas, yakni menyangkut hal-hal apa saja yang termasuk dalam bahasa, atau bagian daripada administrasi itu sendiri. Ruang lingkup ini sangat perlu diberi kepastian, sehingga memudahkan kita dalam membahas tentang administrasi itu sendiri. Ruang lingkup ini akan menjadi batas luasnya administrasi.

Adapun ruang lingkup ilmu administrasi dibatasi beberapa unsur, yang diantaranya ialah :

- Organisasi
Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen.
- Manajemen
Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi Mary Parker Follet ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
- Kepemimpinan
Peran kepemimpinan dalam administrasi, adalah untuk memimpin suatu kegiatan administrasi, mengarahkan, mendorong, dan mengatur seluruh unsur-unsur, di dalam kelompok atau organisasinya untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan.
- Hubungan Antar Manusia
Merupakan urat nadi yang memungkinkan orang-orang dalam usaha bersama, mengetahui apa yang terjadi atau diinginkan oleh masing-masing. Tanpa tata hubungan yang baik, tidak mungkin kerja sama dapat terlaksana dengan baik. Hubungan antar manusia dalam sistem administrasi di Indonesia, secara umum terikat pada budaya organisasi yang feodalistik. Di mana budaya feodal ini menanamkan sikap rukun antar sesama bawahan, dan sikap hormat bawahan pada atasan meskipun atasan itu melakukan kekeliruan, tetapi sebagai bawahan harus tetap hormat kepada atasan dikarenakan kedudukannya tetap pada posisi benar.
   
Ada lima kegiatan hubungan antar manusia dalam administrasi, yang diantaranya ialah :
  1. Menentukan apa yang akan di jadikan sasaran oleh organisasi, menentukan tujuan dan sasaran tiap bidang, menentukan apa yang harus dilakukan manusia dalam administrasi untuk mencapainya, dan menjadikan sasaran itu efektif dengan membicarakannya bersama anggota organisasi.
  2. Mengorganisir seluruh kegiatan dalam administrasi, termasuk menggolongkan, membagi pekerjaan, dan membentuk tugas organisasi.
  3. Memotivasi dan berkomunikasi antar manusia dalam kegiatan.
  4. Melakukan pengukuran tentang kegiatan manusia dalam organisasi, termasuk menganalisis, menilai, dan menapsirkan hasil kerja baik secara individu maupun kelompok dalam organisasi secara keseluruhan
  5. Mengembangkan kemampuan dan keterampilan orang-orang dalam organisasi itu termasuk manajernya sendiri.

Fungsi Administrasi :

Pada saat ini dengan semakin  berkembangnya ilmu administrasi, maka pembagian fungsi administrasi pun semakin banyak pula. Berbagai pembagian tersebut meskipun bervariasi, namun jika dikaji secara mendalam pada dasarnya tidak memperlihatkan perbedaan yang berarti. Dalam praktek sehari-hari untuk memudahkan pelaksanaannya, berbagai fungsi administrasi ini sering disederhanakan menjadi empat bentuk, yang diantaranya ialah :
  1. Perencanaan atau Planning yang di dalamnya termasuk penyusun anggaran belanja.
  2. Pengorganisasian atau Organizing yang di dalamnya termasuk penyusunan staf.
  3. Pelaksanaan atau Implementing yang di dalamnya termasuk pengarahan, pengkoordinasian, bimbingan, penggerakan, dan pengawasan.
  4. Penilaian atau Evaluation yang di dalamnya termasuk penyusunan laporan.

Dan dalam dunia pendidikan pun, administrasi menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting, sebagai salah satu penunjang kegiatan belajar mengajar, yang dilaksanakan seorang Guru di Sekolah. Administrasi sendiri berisikan catatan berbagai perangkat, yang mendukung dan digunakan sebagai penunjang baik teknis maupun non teknis, dalam sebuah kegiatan belajar mengajar di dalam kelas.

Terdapat banyak sekali jenis Administrasi Guru, sehingga akan membutuhkan banyak waktu bagi seorang guru, untuk membuat sebuah dokumen administrasi. Nah dalam upaya untuk membantu dan mempermudah seorang guru, dalam menyusun dan membuat sebuah Administrasi Guru terutama untuk guru SD/MI, maka disini kami akan membagikan Contoh Dokumen Administrasi Lengkap bagi Guru Jenjang Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI).

Diharapkan Contoh Dokumen Administrasi yang kami bagikan di sini, dapat Bapak dan Ibu Guru manfaatkan sebaik mungkin dan jadikan sebagai bahan contoh atau referensi, untuk pembuatan Administrasi Guru Kelas SD/MI tahun ajar 2018.

Download Contoh Administrasi Guru Kelas SD/MI Tahun Ajar 2016/2017

Adapun Contoh Dokumen Administrasi Guru Kelas SD/MI untuk tahun ajar 2017/2018, yang diambil dari Dokumen Administrasi Guru Kelas SD/MI tahun ajar 2016/2017 yang lengkap berformat .doc ini, memiliki cakupan isi sebagai berikut :
  1. Kata Pengantar
  2. Daftar Isi
  3. Disiplin
  4. Pancasila
  5. Kode Etik Guru
  6. Ikrar Guru
  7. Hak Dan Kewajiban Guru
  8. Tata Tertib Guru
  9. Tata Tertib Siswa
  10. Data Siswa Dan Orang Tua/Wali Murid
  11. Jadwal Pelajaran
  12. Jadwal Piket
  13. Pembagian Kelompok Belajar
  14. Denah Tempat Duduk Siswa
  15. Data Umur Siswa
  16. Data Berat Badan Dan Tinggi Badan Siswa
  17. Data Jumlah Siswa Menurut Tahun Lahur
  18. Daftar Riwayat Kesehatan Siswa
  19. Daftar Kegiatan Ekstraskurikuler
  20. Data Bakat Dan Minat Siswa Bidang Olah Raga Dan Kesenian
  21. Daftar Riwayat Kelakuan
  22. Daftar Kegiatan Study Tour
  23. Data Pekerjaan Dan Pendidikan Orang Tua/ Wali Murid
  24. Pengamatan Efektif Siswa
  25. Daftar Mutasi Siswa
  26. Rekapitulasi Jumlah Siswa
  27. Rekapitulasi Absen Siswa
  28. Daftar Target Taraf Serap Mata Pelajaran
  29. Menghitung Jam Belajar Efektif
  30. Daftar Tamu
  31. Bukti Pemeriksaan Administrasi Kelas
  32. Daftar Inventaris Barang
  33. Data Buku Pegangan Guru
  34. Daftar Buku Siswa
  35. Daftar Pengambilan Raport Semester 1
  36. Daftar Pengambilan Raport Semester 2
  37. Daftar Kenaikan Kelas
  38. Daftar Pengambilan STTB
  39. Daftar Pengambilan Izazah
  40. Analisa Evaluasi Belajar
  41. Penghitung Nilai Kompetensi Dasar
  42. Program Remedial
  43. Program Bimbingan Dan Konseling Semester 1
  44. Program Bimbingan Dan Konseling Semester 2
  45. Mutasi Duduk Siswa
  46. Grafik Pencapaian Target Kurikulum
  47. Grafik Absen Siswa
  48. Grafik Taraf Serap Mata Pelajaran Esensial
  49. Grafik Taraf Serap Mata Pelajaran Non Esensial
  50. Kisi-Kisi Penulisan Soal
  51. Pedoman Penskoran
  52. Kartu Soal Bentuk Pilihan Ganda
  53. Kartu Soal Uraian Dan Praktek Siswa

Nah bagi Anda yang sedang mencari Contoh Dokumen Administrasi Guru Kelas SD/MI untuk Tahun Ajar 2018,  silahkan Anda mendownload Contoh Administrasi Guru Kelas SD/MI Untuk Tahun Ajar 2018 Lengkap, melalui link download yang telah kami sediakan di bawah ini :
Contoh Administrasi Guru Kelas SD/MI Tahun Ajar 2017/2018 Lengkap.doc (Download)

Semoga Contoh Dokumen Administrasi Guru Kelas yang kami bagikan dalam ulasan ini, dapat bermanfaat dan dapat Anda gunakan sebaga bahan referensi, untuk pembuatan Administrasi Guru Kelas SD/MI Tahun Ajar 2018. Jangan lupa untuk membagikan ulasan ini, agar memiliki nilai manfaat pula, untuk pihak atau orang lain yang membutuhkan juga.

Share:

Sample Text

Copyright © kurikulum-pendidikan1.blogspot.com | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com