Administrasi, Informasi, Modul, Dan Berbagai Hal Yang Berkaitan Dengan Dunia Pendidikan

Minggu, 15 Oktober 2017

Download Contoh Format Administrasi Perpustakaan Sekolah Terbaru

Kurikulum-pendidikan1.blogspot.com | Administrasi adalah usaha dan kegiatan, yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan, sebagai upaya untuk mencapai tujuan. Administrasi dalam arti sempit, ialah kegiatan yang meliputi: pencatatan, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya, yang bersifat teknis ketatausahaan.

Dan dalam arti yang luas, administrasi dapat diartikan sebagai seluruh proses kerja sama, antara dua orang atau lebih dalam upaya mencapai tujuan, dengan memanfaatkan sarana prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna. Lingkup Administrasi cukup luas, salah satunya ialah Administrasi dalam lingkup perpustakaan sekolah.

Perpustakaan sendiri merupakan salah satu sumber belajar penting dalam proses pembelajaran. Menurut UU Perpustakaan No.43 2007  “Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para siswa sebagai penggunaan perpustakaan.”

Dalam UU Perpustakaan No.43 tahun 2007 pasal 20 Perpustakaan terdiri atas :
  1. Perpustakaan Nasional;
  2. Perpustakaan Umum;
  3. Perpustakaan Sekolah/Madrasah;
  4. Perpustakaan Perguruan Tinggi; dan
  5. Perpustakaan Khusus.

Download Contoh Format Administrasi Perpustakaan Sekolah Terbaru
Administrasi Pendidikan Lainnya :
Pengertian Perpustakaan Sekolah :

Perpustakaan Sekolah merupakan perpustakaan yang berada di lingkungan sekolah, yang berguna untuk menunjang proses belajar baik itu siswa yang berada di sekolah dasar atau sekolah lanjutan. Sebagaian besar buku perpustakaan sekolah terdiri dari koleksi buku-buku pelajaran atau bacaan yang dapat menunjang proses pembelajaran.

Setelah kita mengenal apa itu perpustakaan, dan juga sedikit memahami tentang perpustakaan sekolah, seperti yang tadi dikatakan bahwa lingkup administrasi juga merambah pada perpustakaan sekolah. Itu artinya, pastinya ada struktur kerja atau struktur organisasi, dalam lingkup perpustakaan sekolah, sebagai pengurus atau penjaga perpustakaan sekolah.

Biasanya, orang-orang yang berkecimpung mengurus perpustakaan, disebut sebagai tenaga atau staf perpustakaan. Staf menjadi tulang punggung perpustakaan, termasuk perpustakaan sekolah. Mereka diperlukan untuk mendukung program-program pengajaran di sekolah agar berhasil. Dari sana dapat disimpulkan, bahwa selain menjaga dan menata semua buku-buku yang ada di perpustakaan sekolah, tugas tenaga atau staf perpustakaan sekolah juga berkaitan dengan membuat berbagai administrasi, mengenai perpustakaan sekolah yang tentunya tidak sedikit.

Staf-Staf Yang Ada Diperpustakaan Sekolah :

- Pustakawan Sekolah

Pustakawan adalah seseorang yang melaksanakan kegiatan perpustakaan, dengan jalan memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan tugas lembaga induknya, berdasarkan ilmu perpustakaan, dokumentasi, dan informasi yang dimilikinya melalui pendidikan. Pustakawan yang berada di lingkungan suatu sekolah, inilah yang disebut pustakawan sekolah.

Pustakawan sekolah, harus memiliki kualifikasi dalam bidang pendidikan, dan juga dalam bidang perpustakaan. Kualifikasi pertama, diperlukan karena pustakawan sekolah mempunyai tanggung jawab, untuk ikut membina dan mendidik murid dalam proses belajar mengajar di sekolah, hingga sampai pada perkembangan yang maksimal sesuai dengan tujuan pendidikan.

Kualifikasi kedua, diperlukan karena jelas bahwa ia harus memainkan perannya, sebagai seorang pengelola perpustakaan. Tugas atau pekerjaan pustakawan sekolah bersifat profesi. Meskipun demikian, ia harus dapat pula mengerjakan pekerjaan, yang bersifat non-profesi. Dari segi tingkatan kualifikasi, pustakawan dimasukkan ke dalam tingkat professional.

- Asisten Pustakawan

Sebagian besar tugas asisten pustakawan, adalah membantu tugas pustakawan, terutama untuk jenis pekerjaan yang bersifat profesi. Menurut jenjang jabatan pustakawan, asisten pustakawan merupakan jenjang jabatan, yang paling rendah. Dari segi tingkatan kualifikasi, asisten pustakawan dimasukkan ke dalam tingkat semiprofessional.

- Teknisi

Teknisi adalah tenaga perpustakaan, yang sepenuhnya bertugas mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat non-profesional, misalnya pengagendaan, pengetikan kartu-kartu, pelabelan, penggandaan, pelayanan, peminjaman, dan pengembalian bahan pustaka, serta lain sebagainya.

- Sukarelawan Murid

Murid-murid bisa dilibatkan dalam kegiatan perpustakaan, sebagai petugas sukarelan dan sifat tugasnya sekedar membantu. Melibatkan murid-murid dalam kegiatan perpustakaan, sangat besar manfaatnya baik bagi pihak pustakawan, perpustakaan, maupun murid itu sendiri. Hal ini akan menimbulkan rasa tanggung jawab, terhadap bahan pustaka sehingga dapat menumbuhkan rasa memiliki, merawat, dan memperlakukan bahan pustaka sebagaimana mestinya.

Sukarelawan murid ini, sebaiknya diperbantukan di bagian pelayanan pembaca, baik pelayanan sirkulasi, pelayanan referensi, maupun pelayanan lainnya secara bergiliran.

Dan seperti yang telah diutarakan di atas, bahwa selain menjaga dan menata semua buku-buku yang ada di perpustakaan sekolah, tugas tenaga atau staf perpustakaan sekolah juga berkaitan, dengan membuat berbagai macam administrasi penunjang perpustakaan sekolah. Tentunya, tidak sedikit file administrasi untuk perpustakaan sekolah yang harus dibuat, dan cara membuatnyapun tidaklah semudah yang dibayangkan.

Download Contoh Format Administrasi Perpustakaan Sekolah Terbaru

Nah untuk membantu pekerjaan para staf perpustakaan sekolah, dalam menyusun dan membuat file-file administrasi, diperlukan contoh-contoh format pembuatan administrasi perpustakaan sekolah. Dan bagi rekan-rekan tenaga atau staf perpustakaan sekolah, yang memerlukan contoh format penyusunan dan pembuatan file administrasi perpustakaan sekolah, maka sekarang ini bapak dan ibu sekalian berada pada ulasan yang tepat.

Hal tersebut dikarenakan, di sini pada kesempatan kali ini kita akan membagikan, beberapa contoh Format Administrasi Perpustakaan Sekolah Terbaru. File-file contoh format yang kami sajikan di sini, kesemuanya sudah ada dalam bentuk, dokumen Microsoft Word (.docx). Selain itu, contoh-contoh file Format Administrasi Perpustakaan Sekolah yang kami sajikan, dapat digunakan untuk seluruh perpustakaan disemua jenjang pendidikan.

Bagi bapa dan ibu staf perpustakaan sekolah yang berminat dengan file-file ini, silahkan mendownload contoh Format Administrasi Perpustakaan Sekolah terbaru, melalui link download yang telah kami sediakan di bawah ini :
Contoh Format Pembuatan Kartu Anggota Perpustakaan.docx (Download)
Contoh Format Pembuatan Kartu Buku Perpustakaan.docx (Download)
Contoh Format Pembuatan Kartu Slip Pengembalian Buku.docx (Download)
Contoh Format Pembuatan Katalog Buku Perpustakaan.docx (Download)
Contoh Format Pembuatan Buram Katalog.docx (Download)
Contoh Format Pembuatan Formulir Keanggotaan.docx (Download)
Contoh Format Pembuatan Pemesanan Buku Perpustakaan.docx (Download)
Contoh Format Pembuatan Buku Induk Perpustakaan.docx (Download)
Contoh Format Pembuatan Buku Kunjungan Harian.docx (Download)
Contoh Format Pembuatan Buku Kunjungan Kelas.docx (Download)
Contoh Format Pembuatan Permohonan Fotocopy Koleksi Buku.docx (Download)
Contoh Format Pembuatan Penggunaan Audio Visual.docx (Download)
Contoh Format Pembuatan Penggunaan Fasilitas Perpustakaan.docx (Download)
Contoh Format Pembuatan Grafik Laporan Perpustakaan.docx (Download)
Contoh Format Pembuatan Laporan Keuangan Perpustakaan.docx (Downlod)
Contoh Format Pembuatan Laporan Pengunjung Perpustakaan.docx (Download)
Contoh Format Pembuatan Laporan Peminjaman Buku.docx (Download)
Contoh Format Pembuatan Rekapitulasi Peminjaman Buku.docx (Download)
Contoh Format Pembuatan Administrasi Perawatan Koleksi Buku.doc (Download)

Semoga Contoh Format Administrasi Perpustakaan Sekolah Terbaru, yang telah kami bagikan dalam ulasan ini, memiliki nilai manfaat dan dapat Anda gunakan sebagai bahan referensi, untuk pembuatan dan penyusunan Administrasi Perpustakaan Sekolah. Jangan lupa untuk membagikan ulasan ini, agar memiliki nilai manfaat pula, untuk pihak atau orang lain yang juga membutuhkannya.
Share:

Sample Text

Copyright © kurikulum-pendidikan1.blogspot.com | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com