Administrasi, Informasi, Modul, Dan Berbagai Hal Yang Berkaitan Dengan Dunia Pendidikan

Senin, 06 November 2017

Contoh Makalah IPA (Biologi) Tentang Fotosintesis Pada Tumbuhan

Kurikulum-pendidikan1.blogspot.com | Ilmu mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang pada dasarnya ilmu berkembang dari dua cabang utama, yakni filsafat alam yang kemudian menjadi rumpun ilmu-ilmu alam (The Natural Sciences), dan filsafat moral yang berkembang kemudian menjadi rumpun ilmu-ilmu sosial (The Social Sciences). Ilmu-ilmu alam terbagi menjadi dua kelompok, yakni ilmu alam (The Physical Sciences), dan ilmu hayat (The Biological Sciences).

Ilmu alam mempelajari zat yang membentuk alam semesta, sedangkan ilmu hayat mempelajari makhluk hidup di dalamnya. Sementara itu, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan istilah yang digunakan, untuk merujuk pada rumpun ilmu dimana objeknya adalah benda-benda alam, dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, berlaku kapan pun dan dimana pun. Orang yang menekuni bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) disebut sebagai Saintis.

Secara garis besar, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dapat diartikan sebagai sebuah cabang ilmu yang mempelajari fenomena alam melalui observasi dan menganalisis bukti-bukti empiris, sehingga mampu menjabarkan, memprediksi, dan memahami fenomena alam tersebut. Di dalam ilmu pengetahuan alam kriteria-kriteria seperti validitas, akurasi dan mekanisme sosial untuk menjamin kualitas harus ada di setiap observasi dan analisis bukti empiris.

Pembagian Ilmu Pengetahuan Alam :

Secara umum Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terbagi menjadi tiga cabang ilmu, yang diantaranya ialah sebagai berikut :

- Biologi

Biologi ialah ilmu yang mempelajari aspek fisik kehidupan. Istilah 'Biologi' diambil dari bahasa Belanda yakni 'Biologie', yang juga diambil dari gabungan kata dalam bahasa Yunani, yakni 'Bios' (hidup) dan 'Logos' (lambang atau ilmu).

- Fisika

Fisika adalah ilmu tentang alam dengan makna yang terluas. Fisika mempelajari gejala alam yang tidak hidup, atau materi dalam lingkup ruang dan waktu.

- Kimia

Kimia adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi dari mulai atom hingga molekul, serta perubahan atau transformasi dan interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Kimia, juga mempelajari pemahaman sifat dan interaksi atom individu, dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa aspek yang dipelajari dalam Biologi, ialah aspek-aspek fisik kehidupan. Dalam artian lain, Biologi mempelajari tentang semua hal, yang berkaitan dengan makhluk hidup, seperti halnya karakteristik, klasifikasi, dan perilaku organisme (makhluk hidup). Dan salah satu yang dipelajari dalam bidang ilmu Biologi, ialah tentang Fotosintesis yang terjadi pada tumbuhan.

Contoh Makalah IPA (Biologi) Tentang Fotosintesis Pada Tumbuhan

Secara sederhananya Fotosintesis dapat berarti sebagai salah satu cara tumbuhan untuk menghasilkan makanan dan energi. Fotosintesis, adalah pembuatan makanan oleh tumbuhan hijau melalui suatu proses biokimia, pada klorofil dengan bantuan sinar matahari. Karena kemampuannya membuat makanan sendiri, tumbuhan hijau dikenal sebagai organisme autotrof.

Fotosintesis berasal dari kata foto yang artinya cahaya, dan sintesis yang artinya penyusunan. Dengan kata lain, fotosintesis merupakan proses penyusunan bahan organik (karbohidrat), dari H2O dan CO2 dengan bantuan energi cahaya. Fotosintesis hanya akan terjadi jika tumbuhan mempunyai klorofil, yaitu pigmen yang berfungsi sebagai penangkap energi cahaya matahari, lalu mengkonversikannya menjadi energi kimia yang terikat dalam molekul karbohidrat.

Tidak jarang guru pelajaran Biologi di sekolah, memberikan tugas kepada murid-muridnya, berupa tugas pembuatan makalah. Dan Fotosintesis ini sering menjadi tema dari tugas yang diberikan sang guru. Nah, bagi Anda para siswa yang sedang mengemban tugas pebuatan makalah, dengan tema Fotosintesis pada tumbuhan guna menyelesaika tugas pelajaran Biologi. Silahkan mendownload file contoh Makalah Biologi Tentang Fotosintesis Pada Tumbuhan, melalui link download yang telah kami sediakan di bawah ini :

Makalah Biologi Tentang Fotosintesis Pada Tumbuhan

Review Makalah Fotosintesis Pada Tumbuhan :

Judul Makalah : Fotosintesis Pada Tumbuhan

Jenis File : docx

Jumlah Halaman : 9 Halaman

Mata Pelajaran : IPA Biologi

Pembahasan Makalah :
- Apa pengertian fotosintesis?
- Bagaimana proses terjadinya fotosintesis?
- Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi fotosintesis?

File Preview :
Makalah Biologi Tentang Fotosintesis Pada Tumbuhan


Download File :

Makalah Fotosintesis Pada Tumbuhan.docx
(Mediafire)(Google Drive)

Makalah Biologi Tentang Hasil Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan

Review Makalah Hasil Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan :

Judul Makalah : Hasil Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan

Jenis File : docx

Jumlah Halaman : 15 Halaman

Mata Pelajaran : IPA Biologi

Pembahasan Makalah :
- Apa yang dihasilkan dari proses fotosintesis ?
- Faktor apa saja yang mempengaruhi kecepatan fotosintesis ?

File Preview :
Makalah Biologi Tentang Hasil Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan


Download File :

Makalah Hasil Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan.docx
(Mediafire)(Google Drive)

Semoga contoh Makalah Biologi Tentang Fotosintesis yang kami bagikan dalam ulasan kali ini, dapat berguna bagi Anda terutama siswa-siswi yang sedang mengemban tugas pembuatan makalah, dari guru dengan tema makalah yang berkaitan dengan Fotosintesis pada tumbuhan. Ada baiknya Anda melakukan pengecekan dan pengeditan ulang, pada file contoh makalah yang Anda download di sini, sebelum menyerahkannya kepada guru di kelas Anda. Karena tidak menutup kemungkinan, ada kesalahan baik dalam segi penulisan, maupun dalam segi materi yang belum lengkap. Jangan lupa membagikan ulasan kami ini.
Share:

Sample Text

Copyright © kurikulum-pendidikan1.blogspot.com | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com