Administrasi, Informasi, Modul, Dan Berbagai Hal Yang Berkaitan Dengan Dunia Pendidikan

Kamis, 09 November 2017

Contoh Makalah IPA (Fisika) Tentang Gelombang Elektromagnetik

Kurikulum-pendidikan1.blogspot.com | Fisika adalah ilmu yang mempelajari, tentang materi beserta gerak dan perilakunya dalam lingkup ruang dan waktu, bersamaan dengan konsep yang berkaitan seperti energi dan gaya. Fisika merupakan salah satu mata pelajaran jurusan IPA, yang terbilang sulit dipahami dan sangat membosankan. Namun, pelajaran Fisika juga bisa menjadi keahlian kita, apabila kita dapat mempelajarinya dengan sungguh-sungguh.

Pengertian Fisika yaitu berasal dari kata 'physic' yang artinya yaitu alam. Jadi ilmu Fisika ialah sebuah ilmu pengetahuan, dimana di dalamnya mempelajari tentang sifat dan fenomena alam, atau gejala alam dan seluruh interaksi yang terjadi didalamnya. Untuk mempelajari fenomena atau gejala alam, Fisika menggunakan proses dimulai dari pengamatan, pengukuran, analisis, dan menarik kesimpulan. Sehingga prosesnya lama dan berbuntut panjang, namun hasilnya bisa dipastikan akurat karena Fisika, termasuk ilmu eksak yang kebenarannya terbukti.

Beberapa Pengertian Fisika Menurut Ahli :
  1. Menurut KBBI. Fisika yaitu ilmu tentang zat dan energi seperti panas, bunyi, cahaya, dan sebagainya.
  2. Menurt Hough D Young. Fisika adalah suatu ilmu yang sangat dasar, dari berbagai ilmu pengetahuan lain.
  3. Menurut Ensiklopedia. Fisika adalah ilmu, yang di dalamnya mempelajari benda dan gerakannya, serta manfaatnya bagi kehidupan manusia.
  4. Berdasarkan Sejarah. Fisika adalah ilmu tertua, karena ilmu ini diawali dengan kegiatan mengamati benda-benda yang ada di langit, periodenya, bagaimana usianya dan lintasannya. Oleh sebab itu, Fisika merupakan salah satu ilmu pengetahuan alam, yang paling dasar dan juga banyak digunakan sebagai dasar, untuk ilmu-ilmu lain yang berkaitan.

Contoh Makalah IPA (Fisika) Tentang Gelombang Elektromagnetik

Fisika Dalam Sejarah :

- Fisika Klasik

Fisika menjadi ilmu terpisah, ketika orang awal Eropa modern menggunakan metode percobaan dan kuantitatif, untuk menemukan apa yang disebut sebagai hukum Fisika. Pengembangan utama dalam periode ini, diantaranya penggantian model Geosentris tata surya dengan model Kopernikus yang Heliosentris, hukum yang mengatur gerak planet yang dikemukakan oleh Johannes Kepler antara tahun 1609 dan 1619, percobaan pada teleskop dan pengamatan astronomi oleh Galileo Galilei pada abad ke-16 dan ke-17, serta penemuan Isaac Newton mengenai hukum gerak dan hukum gravitasi universal.

Newton juga mengembangkan Kalkulus, studi perubahan matematis, yang memberikan metode matematika baru untuk menyelesaikan masalah-masalah Fisika. Penemuan hukum baru dalam termodinamika, kimia, dan elektromagnetisme, dihasilkan dari usaha penelitian pada Revolusi Industri karena dibutuhkan tambahan energi. Hukum-hukum Fisika Klasik ini, masih digunakan luas hingga sekarang, untuk objek sehari-hari yang melaju dengan kecepatan non-relativistik.

Hal tersebut dikarenakan, mereka memberikan perkiraan yang sangat baik, pada kondisi yang terjadi tersebut. Teori-teori seperti Mekanika Kuantum dan teori Relativistik, dapat disederhanakan menjadi Ekivalen Klasiknya. Namun, ketidak-akuratan Mekanika Klasik untuk benda sangat kecil dan benda sangat cepat, mendorong pengembangan Fisika Modern pada abad ke-20.

- Fisika Modern

Fisika Modern bermula pada awal abad ke-20, ketika Max Planck melakukan penelitian pada teori Kuantum, dan Albert Einstein melakukan penelitian mengenai teori Relativitas. Kedua teori ini muncul akibat ketidak-akuratan Mekanika Klasik pada kondisi tertentu. Mekanika Klasik memprediksi bahwa laju cahaya beragam, tidak sesuai dengan laju konstan yang diperkirakan oleh persamaan Maxwell, mengenai elektromagnetisme.

Kesalahan ini akhirnya dikoreksi oleh Einstein melalui teorinya Relativitas khusus, yang kemudian menggantikan Mekanika Klasik untuk benda bergerak cepat, dan kecepatannya mendekati laju cahaya. Radiasi benda hitam juga menjadi masalah bagi Fisika Klasik, yang kemudian diperbaiki ketika Planck mengusulkan bahwa Eksitasi Osilator Material, hanya mungkin dalam langkah diskret (discrete step) sebanding dengan Frekuensinya.

Teori ini, bersama dengan efek Fotolistrik dan kemudian menjadi teori yang lebih lengkap, memprediksi tingkat energi diskret orbital elektron. Akhirnya membuat teori Mekanika Kuantum menggantikan fisika klasik untuk tataran benda sangat kecil. Mekanika Kuantum sendiri muncul dipelopori oleh Werner Heisenberg, Erwin Schrödinger, dan Paul Dirac. Dari hasil karya awal ini, Model standar partikel fisika diturunkan.

Tujuan Mempelajari Fisika :

Tujuan mempelajari ilmu Fisika, ialah untuk dapat mengetahui bagian dasar dari benda dan mengerti interaksi antar benda-benda, serta mampu untuk menjelaskan mengenai fenomena alam yang terjadi. Dari beberapa pengertian Fisika menurut para ahli di atas, maka dapat dikatakan bahwa konsep-konsep dasar Fisika tidak hanya mendukung perkembangan ilmu Fisika saja, melainkan juga mendukung perkembangan ilmu lain dan bahkan teknologi.

Ilmu Fisika menunjang riset murni dan terapan. Di zaman modern seperti sekarang ini, ilmu Fisika tentu dapat diterapkan di berbagai bidang, yang ada dalam kehidupan kita. Bahkan, ilmu kedokteran pun dapat menggunakan ilmu Fisika, sebagai dasar pengetahuan dan dasar bertindak. Salah satu yang dipelajari dalam ilmu Fisika, ialah tentang Gelombang Elektromagnetik.

Contoh Makalah IPA (Fisika) Tentang Gelombang Elektromagnetik

Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang memancar tanpa media rambat, yang membawa muatan energi listrik dan magnet (elektromagnetik). Tidak seperti gelombang pada umumnya yang membutuhkan media rambat, gelombang elektromagnetik tidak memerlukan media rambat (sama seperti radiasi). Oleh karena tidak memerlukan media perambatan, gelombang elektromagnetik sering pula disebut, dengan sebutan radiasi eletromagnetik.

Seperti yang telah dikatakan di atas, bahwa Gelombang Elektromagnetik merupakan salah satu bidang, yang dipelajari dalam ilmu Fisika. Terkadang guru Fisika di kelas, memberikan tugas kepada murid-muridnya berupa pembuatan makalah, dengan tema Gelombang Elektromagnetik. Bagi Anda yang kebetulan sedang mengemban tugas pembuatan makalah, dengan tema Gelombang Elektromagnetik dan sedang mencari contoh penyusunan makalahnya. Silahkan mendownload file contoh Makalah Fisika Tentang Gelombang Elektromagnetik melalui link yang telah kami sediakan di bawah ini :

Makalah Fisika Tentang Gelombang Elektromagnetik I

Review Makalah Fisika Tentang Gelombang Elektromagnetik :

Judul Makalah : Makalah Fisika Gelombang Elektromagnetik

Jenis File : docx

Jumlah Halaman : 10 Halaman

Mata Pelajaran : IPA Fisika

Pembahasan Makalah :
- Apa yang dimaksud dengan gelombang elektromagnetik?
- Bagaimana karakteristik khusus masing-masing gelombang elektromagnetik di dalam spektrum?
- Penerapan gelombang elektromagnetik

File Preview :
Makalah Fisika Gelombang Elektromagnetik


Download File :

Makalah Fisika Tentang Gelombang Elektromagnetik.docx

Makalah Fisika Tentang Gelombang Elektromagnetik II

Review Makalah Fisika Tentang Gelombang Elektromagnetik :

Judul Makalah : Makalah Fisika Gelombang Elektromagnetik

Jenis File : docx

Jumlah Halaman : 12 Halaman

Mata Pelajaran : IPA Fisika

Pembahasan Makalah :
- Apa pengertian gelombang elektromagnetik ?
- Apakah kegunaan gelombang elektromagnetik ?
- Jelaskan tentang spektrum gelombang elektromagnetik ?
- Bagaimanakah pemanfaatan gelombang elektromagnetik ?

File Preview :
Makalah Fisika Gelombang Elektromagnetik


Download File :

Makalah Fisika Tentang Gelombang Elektromagnetik.docx

Semoga contoh Makalah Fisika Tentang Gelombang elektromagnetik yang kami bagikan dalam ulasan kali ini, dapat berguna bagi Anda terutama siswa-siswi yang sedang mengemban tugas pembuatan makalah, dengan tema makalah yang berkaitan dengan Gelombang Elektromagnetik. Ada baiknya Anda melakukan pengecekan dan pengeditan ulang, pada file contoh makalah yang Anda download di sini, sebelum menyerahkannya kepada guru di kelas Anda. Karena tidak menutup kemungkinan, ada kesalahan baik dalam segi penulisan, maupun dalam segi materi yang belum lengkap. Jangan lupa membagikan ulasan kami ini.
Share:

Sample Text

Copyright © kurikulum-pendidikan1.blogspot.com | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com