Administrasi, Informasi, Modul, Dan Berbagai Hal Yang Berkaitan Dengan Dunia Pendidikan

Sabtu, 28 Oktober 2017

Contoh Penulisan Surat Pengunduran Diri Atau Resign Yang Baik Dan Benar

Kurikulum-pendidikan1.blogspot.com | Setiap orang tentunya ingin mendapatkan pekerjaan yang layak, mudah, dan dengan bayaran yang memuaskan. Namun itu semua tidak mudah untuk di dapatkan. Kita harus bisa bersaing dan berlomba, dengan banyak orang yang juga membutuhkan pekerjaan tersebut. Namun terkadang, pekerjaan yang kita impikan justru datang di saat kita telah memperoleh, sebuah pekerjaan yang tidak sesuai dengan keinginan.

Dalam hal ini, sebenarnya kita bisa meminang pekerjaan, yang kita impikan tersebut. Namun sebelumnya, kita harus melepaskan jabatan kita di tempat kerja, dengan cara mengundurkan diri dari pekerjaan tersebut. Lantas bagaimana cara yang baik untuk mengundurkan diri atau resign dari tempat kita bekerja?

Penulisan Contoh Surat Pengunduran Diri

Mengundurkan diri di dunia pekerjaan, memang lazim dan boleh dilakukan, oleh siapa saja yang menginginkannya. Mengundurkan diri boleh dilakukan ketika seseorang sudah tidak betah lagi, atau memang ada hal lain yang lebih baik dari pekerjaan sebelumnya. Tentunya mengundurkan diri ini, harus dilakukan cara yang baik-baik, dan dengan alasan yang masuk akal.

Jangan sampai kita melanggar kontrak, apalagi mengundurkan diri tanpa persetujuan dari atasan tempat kita bekerja, karena hal tersebut akan berdampak buruk bagi reputasi Anda ke depannya. Salah satu cara mengundurkan diri yang baik, adalah dengan menulis surat pengunduran diri, untuk kemudian diberikan kepada atasan.

Surat pengunduran diri atau yang lazim orang bilang surat resign ini, sangatlah penting di buat bagi jika Anda yang memang ingin keluar dari pekerjaan, yang tidak sesuai dengan keinginan Anda tersebut. Namun satu yang pasti, dalam menulis surat pengunduran diri jangan sekali-kali, Anda menuliskan alasan yang bersifat negatif dan dapat menimbulkan citra buruk, bagi perusahaan dimana Anda bekerja sebelumnya. Karena bisa jadi hal tersebut akan membuat Anda kesulitan mencari pekerjaan baru.

Contoh Penulisan Surat Pengunduran Diri Atau Resign Yang Baik Dan Benar
Contoh Surat Lainnya :

Tidak perlu terlalu panjang dalam menuliskan Surat Pengunduran Diri, namun Anda harus menggunakan kata-kata yang sopan. Adapun untuk alasan pengunduran diri, sebaiknya Anda menuliskannya dengan sesingkat-singkatnya, di dalam surat pengunduran diri yang Anda tulis. Nah bagi Anda yang masih bingung, dan belum tahu bagaimana cara penulisan Surat Pengunduran Diri yang baik, Anda bisa lihat contoh suratnya berikut ini.

Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik :

- Contoh Susunan Surat Pengunduran Diri Atau Surat Resign :

Tanggal Bulan Tahun

Nama lengkap Bapak / Ibu
Judul
Nama Perusahaan
alamat jalan
Kodepos

Dear [nama bos]

Pada paragraf pertama Anda bisa menyatakan bahwa Anda mengundurkan diri. Secara singkat jelaskan alasan atau alasan Anda untuk pergi. Adalah tepat untuk memulai surat pengunduran diri dengan ‘Saya menulis untuk memberi tahu Anda’ tapi jangan ragu untuk menggunakan kata-kata Anda sendiri selama mereka bersikap sopan dan profesional.

Menutup paragraf pertama dengan ‘sayangnya, ini berarti saya tidak dapat melanjutkan pekerjaan saya dengan …’ akan memberi surat pengunduran dengan sentuhan yang bagus. dan terlihat profesional untuk menggunakan nama bisnis sebenarnya dari perusahaan yang Anda maksud daripada ‘mereka’ atau ‘mereka’.

Anda dapat menyatakan jika Anda telah ditawari pekerjaan baru atau promosi di organisasi lain dan memberikan penjelasan singkat mengapa Anda menerimanya.‘Kesempatan akan melanjutkan karir saya’ adalah alasan bagus untuk menggunakan kata-kata tersebut.

Pada paragraf kedua, sebutkan rincian seperti tanggal, dan bisa kalian tulis apapun yang akan Anda butuhkan untuk dibersihkan sebelum Anda pergi. Mengklarifikasi tanggal hari terakhir Anda akan membiarkan atasan Anda tahu berapa lama dia harus menemukan seseorang untuk menggantikan Anda. Sebaiknya berikan detail kontak Anda sehingga atasan Anda bisa menghubungi mereka jika mereka memiliki pertanyaan tentang proyek yang sedang Anda kerjakan. Ini akan membuat transisi jauh lebih mulus untuk semua orang.

Ringkas tentang rincian yang perlu Anda sebutkan. Jika perlu waktu terlalu lama untuk menjelaskan beberapa rincian, pertimbangkan untuk menyebutkannya secara singkat dan berbicara dengan atasan Anda tentang hal itu selama pertemuan Anda.

Ada baiknya menutup surat Anda dengan ‘Saya menyesalkan ketidaknyamanan yang mungkin saya timbulkan’ dan memberikan pernyataan positif singkat tentang waktu yang Anda habiskan untuk bekerja di tempat yang Anda tinggalkan. Menutup surat Anda sepanjang baris ini akan melunakkan apa yang bisa menjadi berita sulit bagi atasan Anda untuk didengar.

Tidak selalu perlu diakhiri dengan sebuah kalimat tentang seberapa besar Anda menikmati pekerjaan Anda. Tapi jika rasanya alami untuk memasukkan hal ini maka lakukanlah.

Terakhir, dengan sopan berterima kasih kepada bos/manager anda atas kesempatan dan dukungan yang telah diberikannya selama Anda di perusahaan.

Bersikap sopan dan menunjukkan penghargaan atas kesempatan yang telah Anda berikan akan meninggalkan kesan keseluruhan yang baik pada atasan Anda.

Dengan hormat

[Tanda tangan]

Jika Anda menulis dengan mesin ketik komputer anda bisa terlebih dahulu untuk pindai tanda tangan Anda dan masukkan ke dalam dokumen tersebut.

Namamu

- Contoh Surat Pengunduran Diri 1 :

Denpasar, 20 agustus 2014

Kepada, Yth, Kepala. HRD PT. Mahardika
Dengan Hormat

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Mahardika berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang karyawan dan Undang – Undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan di bawah ini

Nama              : _____________
Departemen    : _____________
Jabatan            : _____________
No Karyawan  : _____________

Bermaksud mengajukan pengunduran diri dari PT. Mahardika karena sakit yang saya derita. Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial dan tanpa motivasi negatif. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak – hak sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sebenarnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini saya ucapkan terimakasih

Hormat Saya

[ Tanda Tangan ]

( Nama Anda )

- Contoh Surat Pengunduran Diri 2 :

Jakarta, 1 Februari 2015

Kepada Yth,
Manager PT Antam Tbk.
Jl. Letjen. TB. Simatupang No. 1
Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya sebagai Marketing Manager PT Antam Tbk., berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan dan Undang-undang Tenaga Kerja, maka dari itu, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                 :
Departemen     : PT. Antam Tbk.
Jabatan             : Marketing Manager
No. Karyawan : 0678932

Bermaksud mengajukan surat pengunduran kerja dari PT Antam Tbk. karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan lagi untuk bekerja. Saya harap perusahaan memahami kondisi dan memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikianlah surat pengunduran diri, terima kasih atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama saya bekerja, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[ Tanda Tangan ]

( Nama Anda )

Jadi intinya, dalam menulis Surat Pengunduran Diri point penting yang harus kuat isinya, adalah alasan Anda mengundurkan diri dari pekerjaan. Alasan di tulis tidak bertele-tele, harus singkat namun jelas. Selain itu, tak lupa juga Anda sertakan ucapan terima kasih kepada pihak perusahaan, atas semua pengalaman yang telah Anda peroleh.

Jangan sampai Anda meninggalkan kesan buruk kepada perusahaan, karena bisa jadi perusahaan akan memberikan lampiran kejelekan Anda, yang bisa membuat Anda kesulitan mendapatkan pekerjaan baru. Nah berikut ini adalah beberapa contoh Surat Pengunduran Diri yang baik dan benar, untuk semua kategori pengunduran diri atau resign.

Daftar Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dan Benar :
  • Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Humas
  • Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Marketing Manager
  • Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Guru
  • Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai PNS
  • Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Karyawan Indomaret
  • Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Karyawan Alfamart
  • Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Kegiatan Organisasi
  • Contoh Format Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dan Benar
  • Contoh Surat Pengunduran Diri Berbahasa Inggris
Bagi Anda yang membutuhkan contoh-contoh Surat Pengunduran Diri atau Resign yang baik dan benar, silahkan Anda mendownlod file-file berbentuk .docx yang tersedia di bawah ini, melalui link download kami siapkan. Berikut ini ulasannya :

- Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Humas Yang Baik Dan Benar :

File Preview :


Download Disini :

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Humas.docx

Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Marketing Manager Yang Baik Dan Benar :

File Preview :


Download Disini :

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Marketing Manager.docx

Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Guru Yang Baik Dan Benar :

File Preview :


Download Disini :

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Guru Sekolah.docx

Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai PNS Yang Baik Dan Benar :

File Preview :


Download Disini :

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai PNS.docx

Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Karyawan Indomaret Yang Baik Dan Benar :

File Preview :


Download Disini :

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Karyawan Indomaret.docx

Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Karyawan Alfamart Yang Baik Dan Benar :

File Preview :


Download Disini :

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Karyawan Alfamart.docx
(Mediafire)(Google Drive)

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Kegiatan Organisasi Yang Baik Dan Benar :

File Preview :


Download Disini :

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Kegiatan Organisasi.docx

Contoh Format Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dan Benar :

File Preview :


Download Disini :

Download Contoh Format Surat Pengunduran Diri.docx

Contoh Surat Pengunduran Diri Berbahasa Inggris Yang Baik Dan Benar :

File Preview :


Download Disini :

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Berbahasa Inggris.docx

Catatan : Anda bisa unduh secara gratis dan gunakan dengan mudah caranya tinggal rubah data-data dan alasan yang sesuai dengan keinginan Anda.

Itulah ulasan mengenai Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dan Benar. Contoh-contoh yang kami bagikan disini, berupa Format penulisan Surat Pengunduran Diri dari tempat kerja, yang baik dan juga benar. Sehingga Anda dapat mempelajarinya, agar dikemudian hari ketika Anda perlu membuat Surat Pengunduran Diri, Anda dapat dengan mudah menulisnya sendiri. Semoga ulasan kami kali ini memiliki nilai manfaat untuk kita semua.

Sumber : www.contohsuraterbaru.com/contoh-penulisan-surat-pengunduran-diriresign-yang-baik/
Share:

Sample Text

Copyright © kurikulum-pendidikan1.blogspot.com | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com