Administrasi, Informasi, Modul, Dan Berbagai Hal Yang Berkaitan Dengan Dunia Pendidikan

Jumat, 27 Oktober 2017

Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS, BUMN, Dan Lembaga Pemerintah Lengkap

Kurikulum-pendidikan1.blogspot.com | Surat merupakan salah satu media komunuikasi, yang pernah menjadi primadona di bidangnya yakni komunikasi jarak jauh, sebelum perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berkembang seperti saat ini. Terdapat beragam jenis dan juga fungsi dari surat. Salah satu jenis surat ialah Surat Lamaran Kerja.

Surat Lamaran kerja sendiri, memiliki arti sebagai surat yang dibuat oleh seseorang untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan, kantor, ataupun instansi tertentu. Secara garis besar, Surat Lamaran Kerja terbagi menjadi dua bentuk, yakni Surat Lamaran Kerja berdasarkan iklan, dan Surat Lamaran Kerja berdasarkan inisiatif sendiri.

Surat Lamaran Kerja termasuk ke dalam golongan Surat Resmi atau Surat Dinas, sehingga dalam penulisannya sendiri ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Aspek-Aspek yang dimaksud diantaranya ialah :

Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS, BUMN, Dan Lembaga Pemerintah Lengkap

Aspek-Aspek Dalam Membuat Surat Lamaran Kerja :

Gunakanlah Bahasa Yang Baik Dan Benar

Pergunakanlah bahasa yang formal, sebab Surat Lamaran Kerja termasuk Surat Resmi sehingga jangan sampai kita, mempergunakan bahasa yang tidak patut digunakan dalam pembuatan Surat Resmi.

- Tulislah Surat Lamaran Kerja Dengan Kalimat Yang Singkat, Padat, Dan Jelas

Jangan bertele-tele dalam menulis Surat Lamaran Kerja, sebab surat ini dapat menunjukan jati diri seseorang. Terlebih, kebanyakan perusahaan atau instansi tidak menyukai, Surat Lamaran Kerja yang bertele-tele.

- Lebih Baik Menulisnya Secara Manual Dengan Tangan

Penulisan Surat Lamaran Kerja secara manual menggunakan tangan, lebih disukai oleh sebagian besar perusahaan atau instansi, sebab dari tulisan tangan dapat dinilai bagaimana pribadi seseorang.

- Isi Data Diri Dan Informasi Jati Diri Dengan Jelas

Alangkah lebih baiknya Surat Lamaran Kerja yang Anda kirim, dilengkapi dengan lampiran berupa dokumen-dokumen pendukung seperti halnya Daftar Riwayat Hidup (CV), Fotocopy identitas diri (KTP), serta dokumen lain yang menjadi persyaratan.

- Lampirkan Sertifikat Pendukung Yang Anda Miliki

Jika Anda memiliki sertifikat pendukung, yang bisa menambah nilai plus untuk diri Anda, jangan segan-segan untuk melampirkannya juga.

Bagian-Bagian Dalam Pembuatan Surat Lamaran Kerja :

- Tempat Dan Tanggal Pembuatan Surat Lamaran Kerja
- Jumlah Lampiran
- Hal atau Perihal
- Alamat Yang Dituju
- Salam Pembuka
- Data Diri
- Isi Surat yang Dapat Dibagi Menjadi Tiga Bagian, Yakni : Paragraf Pembuka, Isi Surat, Daftar Lampiran, Paragraf Penutup
- Salam Penutup
- Nama Jelas Dan Tanda Tangan Pelamar

Contoh Surat Lamaran Kerja :

Sering kali Guru di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sederajat, menanyakan tentang rencana masa depan murid-muridnya di kelas, bisa mengenai rencana selepas lulus (SMA), rencana menikah, ataupun pekerjaan apa yang diinginkan. Dan ketika Guru yang menanyakan perihal pekerjaan yang diinginkan, merupakan Guru bidang studi Bahasa seperti halnya Bahasa Indonesia, tidak jarang pertanyaan tersebut berujung pada sebuah tugas, berupa pembuatan Surat Lamaran Kerja sesuai dengan pekerjaan yang diinginkan. 

Nah berdasarkan hal tersebut dalam ulasan kali ini, akan kita bagikan beberapa contoh Format Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar, sebagai acuan bagi Anda untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Guru di kelas. 

Namun sebenarnya, contoh Format Surat Lamaran Kerja yang kami bagikan ini, tidak melulu dapat digunakan sebagai acuan untuk pembuatan tugas semata. Tetapi juga diperuntukan bagi Anda, yang sedang mencari contoh Surat Lamaran Kerja, untuk kepentingan melamar pekerjaan yang Anda impikan. Untuk mempersingkat waktu, berikut ini ulasannya :

- Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS Umum

Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS, BUMN, Dan Lembaga Pemerintah Lengkap

Entah sejak kapan profesi sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), menjadi primadona dan pilihan utama oleh bagi banyak orang. Dan anak-anak usia Sekolah Menengah Atas (SMA) pun, banyak yang memiliki keinginan untuk menjadi seorang PNS. Pegawai Negeri Sipil dianggap sebagai pekerjaan yang sangat menjanjikan untuk masa depan. Adapun beberapa alasan mengapa banyak orang ingin menjadi seorang PNS, ialah sebagai berikut :

a. Tidak Ada Istilah Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)

Sudah jelas bahwa menjadi Pegawai Negeri Sipil, berarti Anda akan bebas dari Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Mungkin, inilah yang menjadi alasan utama bagi banyak orang ingin bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), dibandingkan bekerja di sektor swasta yang lebih beresiko. Pekerjaan sebagai seorang PNS memungkinkan Anda untuk bekerja lebih nyaman, tanpa ada perasaan was-was akan diberhentikan kecuali jika Anda melanggar hukum.

b. Tidak Ada Target

Bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), dianggap oleh banyak orang sebagai pekerjaan yang sangat santai, karena tidak ada target yang dibebankan. Coba bandingkan dengan bekerja di sektor perbankan, dimana Anda akan ditargetkan ini dan itu selama dalam kurun waktu tertentu, dan tentunya akan membuat anda merasa tertekan.

c. Jaminan Hidup Di Hari Tua

Bisa dibilang ini adalah alasan utama, bagi orang-orang mengapa mereka ingin menjadi PNS. Banyak orang yang tidak ingin kehidupan di hari tuanya nanti, akan mengalami kesulitan sehingga PNS menjadi pilihan terbaik. Dan hal yang paling menarik adalah, bahwa hal ini telah menjadi hal yang sangat umum atau lumrah, sehingga seakan-akan anak SD sekalipun tahu akan hal itu.

d. Banyak Kemudahan

Harus diakui, seorang yang berprofesi sebagai PNS akan memperoleh banyak kemudahan dalam hidupnya, terutama dalam hal cicil-menyicil ataupun melakukan kredit. Profesi PNS lebih dipercaya oleh banyak pihak sehubungan dengan urusan di atas.

e. Mengabdikan Diri Pada Negara

Banyak juga orang yang memilih untuk menjadi seorang PNS, dengan tujuan untuk mengabdikan diri pada negara. Ingin merubah keadaan dan merubah sistem yang sudah carut-marut, menjadikan beberapa orang berjuang untuk meraih posisi sebagai PNS. Hanya saja niat tulus ini, tidak diimbangi dengan pendapatan yang baik, bagi para Pegawai Negeri Sipil.

f. Menjadi Kebanggaan Tersendiri

Sejak zaman dulu kala, profesi PNS telah menjadi hal yang sangat membanggakan, bagi banyak pihak. Bukan hanya pribadi saja, tetapi juga keluarga, terutama orang tua, adik, kakak, bahkan sampai kakek, nenek dan keluarga jauh pun akan merasa bangga, jika salah satu anggota keluarganya menjadi PNS. Apa lagi lingkup kerjanya di lingkungan kementrian.

g. Membuka Kesempatan Belajar Ke Luar Negeri

Dengan berprofesi sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), seseorang memiliki kesempatan yang sangat besar untuk bisa meraih beasiswa, dan melanjutkan pendidikannya di luar negeri.

h. Memperoleh Tunjangan Yang Besar

Berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), akan memberikan Anda tunjangan yang cukup besar, seperti tunjangan anak, istri, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan jaminan kesehatan.

i. Penghasilan Stabil Dan Tidak Pernah Turun

Pernakah Anda mendengar gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) diturunkan? Tentu saja tidak. Bahkan, gaji PNS dari tahun ke tahun cenderung mengalami peningkatan, meskipun tidak terlalu signifikan jumlahnya.

j. Banyak waktu luang

Bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), sangat tidak terbebani sehingga seseorang, bisa memiliki waktu luang yang cukup banyak. Bandingkan dengan bekerja di sektor swasta. Dengan banyaknya waktu luang tersebut, maka Anda akan bisa lebih dekat dengan keluarga, ataupun bisa menjalani bisnis sampingan.

Dan bagi Anda yang  sedang mencari contoh Format Pembuatan Surat Lamaran Kerja CPNS Umum, baik untuk kepentingan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Guru di kelas, ataupun untuk kepentingan melamar pekerjaan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil. Silahkan Anda mendownload file .docx-nya melalui link yang telah kami sediakan di bawah ini.

File Preview :


Download Disini :

Download Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS Umum.docx

- Contoh Surat Lamaran Kerja BUMN Umum

Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS, BUMN, Dan Lembaga Pemerintah Lengkap

Sesuai dengan namanya, BUMN atau Badan Usaha Milik Negara merupakan sebuah perusahaan, yang secara keseluruhan ataupun sebagian besar dimiliki, dikelola, dan diawasi oleh pemerintah. Tidak sedikit masyarakat di Indonesia, yang bermimpi untuk menjadi karyawan BUMN. Alasannya bervariasi. Ada yang memandang bekerja di BUMN sangat bergengsi, dan gajinya pun lumayan. Adapun beberapa alasan banyak orang yang bermimpi menjadi pegawai BUMN, ialah sebagai berikut :

a. Karena Gengsi

Dari dulu image 'bergengsi' sudah melekat pada para pekerja BUMN. Bahkan bagi orang-orang tertentu, gengsi menjadi motivasi utama mereka berusaha mati-matian, agar dapat diterima di perusahaan BUMN. Reuni dengan teman-teman lama, atau acara keluarga besar bisa menjadi ajang pamer, atas keberhasilan mereka bekerja di perusahaan BUMN.

b. Gaji Besar

Adalah rahasia umum, bahwa orang-orang yang bekerja di perusahaan pelat merah, mendapatkan gaji yang besar. Pada dasarnya, setiap industri dan perusahaan memiliki standar, dan rata-rata gaji yang berbeda. Jadi, tidak sepenuhnya benar jika orang bilang karyawan BUMN, pastilah mendapatkan gaji yang besar. Jika ditelaah lebih dalam lagi, ternyata yang membuat penghasilan para karyawan BUMN terlihat besar, ialah Tunjangan yang mereka dapatkan. Mulai dari Tunjangan Hari Raya (THR), Tunjangan Pendidikan, Tunjangan Akhir Tahun, Tunjangan Kesehatan, dan ada pula Tunjangan Cuti.

c. Terjaminnya Hari Tua

Sering kita mendengar, bahwa hidup karyawan BUMN pasti lebih terjamin di hari tuanta, karena akan mendapat uang pensiun layaknya PNS. Namun sebenarnya, persoalan uang pensiun ini dulu memang masih berlaku. Tapi sejak beberapa tahun lalu, perusahaan BUMN lebih akrab dengan yang namanya pesangon, atau golden handshake (pesangon yang diberikan kepada karyawan yang melakukan pensiun dini). 

Dengan adanya pesangon ini, berarti mantan karyawan perusahaan BUMN, tidak lagi mendapatkan uang pensiun setiap bulannya. Mereka akan langsung mendapatkan pembayaran pesangon, yang biasanya nilainya cukup besar, sebelum mereka meninggalkan perusahaan. Jadi, pendapat bahwa bekerja di BUMN akan menjamin hari tua kita bisa dikatakan ada benarnya, asalkan kita pintar mengelola keuangan kita.

d. Hidup Tenang

Sebagai perusahaan yang dimiliki oleh negara, BUMN bisa dikatakan lebih 'mapan', bila dibandingkan perusahaan swasta. Di perusahaan BUMN, kemungkinan karyawan untuk dipecat atau di-PHK, jauh lebih kecil daripada di perusahaan swasta. Jadi, bukan hanya diperhatikan kesejahteraannya, karyawan BUMN pun tidak perlu was-was akan ada PHK mendadak, akibat perusahaan yang terancam bangkrut.

Sebenarnya Format pembuatan Surat Lamaran Kerja untuk BUMN, baik itu Surat Lamaran Kerja PT. PLN (Persero), Surat Lamaran Kerja PT Pertamina, Surat Lamaran Kerja PT TVRI, Surat Lamaran Kerja PT Garuda Indonesia, Surat Lamaran Kerja PT Semen Gresik Tbk, Surat Lamaran Kerja PT Bio Farma, Surat Lamaran Kerja Perum Perhutani, Surat Lamaran Kerja Perum DAMRI tidak lah jauh berbeda, yang perlu diperhatikan adalah nama perusahaan yang jadi tujuan lamaran.

Dan bagi Anda yang sedang mencari contoh Format Pembuatan Surat Lamaran Kerja BUMN Umum, baik untuk kepentingan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Guru di kelas, ataupun untuk kepentingan melamar pekerjaan di Perusahaan BUMN. Silahkan Anda mendownload file .docx-nya melalui link yang telah kami sediakan di bawah ini.

File Preview :


Download Disini :

Download Contoh Surat Lamaran Kerja BUMN Umum.docx

- Contoh Surat Lamaran Kerja Lembaga Pemerintah Nonkementrian Umum

Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS, BUMN, Dan Lembaga Pemerintah Lengkap

Selain melamar sebagai PNS di Kementrian dan Dinas, juga melamar sebagai pegawai BUMN, bekerja sebagai PNS di Lembaga Pemerintah Nonkementrian juga tidak kalah diminati, oleh para pencari dan pelamar kerja termasuk sebagai rencana kerja masa depan.

Format pembuatan Surat Lamaran Kerja untuk Lembaga Pemerintah Nonkementrian, sama seperti untuk BUMN karena tidaklah jauh berbeda. Baik Surat Lamaran Kerja untuk Badan Narkotika Nasional, Surat Lamaran Kerja untuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Surat Lamaran Kerja untuk Badan Tenaga Nuklir Nasional, Surat Lamaran Kerja untuk Badan Pemeriksa Keuangan, dan lain sebagainya,  yang perlu diperhatikan adalah nama perusahaan yang jadi tujuan lamaran.

Dan bagi Anda yang sedang mencari contoh Format Pembuatan Surat Lamaran Kerja untuk Lembaga Pemerintah Nonkementrian, baik untuk kepentingan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Guru di kelas, ataupun untuk kepentingan melamar pekerjaan di Lembaga Pemerintah Nonkementrian. Silahkan Anda mendownload file .docx-nya melalui link yang telah kami sediakan di bawah ini.

File Preview :


Download Disini :

Download Contoh Surat Lamaran Kerja Lembaga Pemerintah Nonkementrian Umum.docx
(Mediafire)(Google Drive)


Itulah ulasan mengenai Contoh Surat Lamaran Kerja Lengkap Untuk CPNS, BUMN, Dan Lembaga Pemerintah Nonkementrian. Contoh-contoh yang kami bagikan disini, berupa Format penulisan Surat Lamaran Kerja, yang baik dan benar. Sehingga Anda dapat mempelajarinya, agar dikemudian hari ketika Anda perlu membuat Surat Lamaran Kerja, baik itu untuk kepentingan tugas sekolah ataupun kepentingan melamar kerja, Anda dapat dengan mudah menulisnya sendiri. Semoga ulasan kami kali ini memiliki nilai manfaat untuk kita semua.
Share:

Sample Text

Copyright © kurikulum-pendidikan1.blogspot.com | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com