Administrasi, Informasi, Modul, Dan Berbagai Hal Yang Berkaitan Dengan Dunia Pendidikan

Sabtu, 21 Oktober 2017

Download Modul Dasar Mengoperasikan Microsoft Word Untuk Para Guru

Kurikulum-pendidikan1.blogspot.com | Microsoft Office Word atau Microsoft Word merupakan perangkat lunak (software) pengolah kata yang merupakan andalan dari Microsoft. Aplikasi ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk perangkat Xenix. Dan setelah menjadi bagian Microsoft Office, kini aplikasi pengolah kata ini diberi nama Microsoft Office Word.

Sejarah Microsoft Word :

Seperti yang telah dikatakan di atas, bahwa Microsoft Word dirilis pertama kali pada tahun 1983, atau tepatnya pada tanggal 25 Oktober 1983 oleh IBM PC. Microsoft Word adalah program pertama, yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring, pada IBM PC. Kala itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordStar dan WordPerfect.

Versi Word for Macintosh, Word 3.0 dirilis pada tahun 1987, yang sebagian besar fiturnya memiliki banyak gangguan atau bug. Beberapa bulan setelah dirilisnya Word 3.0, Microsoft mengganti versinya menjadi Word 3.1, yang jauh lebih stabil. Lalu pada tahun 1989, Microsoft merilis Word 4.0, dan menjadi versi yang sangat sukses, karena tingkat kestabilannya. Dan pada tahun tersebut juga, Microsoft Word memasuki sistem operasi windows (merilis Word for Windows), dengan patokan harga senilai $500.

Di tahun berikutnya, penjualan produk Microsoft Word terus melambung, hingga akhirnya Microsoft mulai merajai dunia pengolah kata. Hingga saat ini, versi terbaru dari Microsoft Word adalah Microsoft Word 2013, menggantikan versi sebelumnya yaitu Microsoft Word 2007 dan 2010. Tampilan di Microsoft Word 2013 juga terkesan lebih elegan dan lebih baik.

Adapun kelebihan dari Microsoft Word 2013, ialah banyak fitur yang ditambahkan, misalnya saja SkyDrive. Jika seseorang dapat terkoneksi ke internet, maka orang tersebut dapat menyimpan dokumennya melalui fitur SkyDrive ini secara online, sehingga dapat diakses atau dibuka kapan pun dan dimana pun.

Download Modul Dasar Mengoperasikan Microsoft Word Untuk Para Guru

Fungsi Microsoft Word Diantaranya Ialah :

Sebagai produk andalan Microsoft yang menjadi program aplikasi terpopuler saat ini, Microsoft Word memiliki beragam fungsi untuk penggunanya. Kegunaan dan fungsi Microsoft Word diantaranya yaitu :
  1. Untuk membuat dokumen dengan cepat dan tepat.
  2. Untuk membuat dokumen yang dapat dicetak (print).
  3. Untuk membuat surat-menyurat  dalam urusan resmi maupun tidak resmi.
  4. Untuk membuat variasi bentuk tulisan agar lebih menarik.
  5. Untuk membuat keperluan tipografi penulisan.
  6. Untuk menyimpan dokumen dalam format tertentu dengan ukuran kecil.
  7. Manfaat Microsoft Word
  8. Manfaat menggunakan Microsoft Word diantaranya :
  9. Mempermudah pelaksanaan kerja dalam urusan administrasi dan pengolahan kata.
  10. Menghemat waktu dan tenaga.
  11. Menghemat kertas dan biaya.
  12. Meminimalisir tingkat kesalahan dalam penulisan.
  13. Mempercepat penyelesaian kerja karena lebih efisien.

Keunggulan Atau Kelebihan Microsoft Word Diantaranya Ialah :
  1. Dapat menyimpan dokumen dan dapat dibuka kapan saja.
  2. Dapat menyimpan dokumen dengan beragam format sesuai kebutuhan.
  3. Ukuran dokumen bila tersimpan relatif kecil sehingga tidak banyak memakan ruang penyimpanan.
  4. Tersedia banyak template yang bebas digunakan.
  5. Terkoneksi dengan SkyDrive.
  6. Adanya variasi gaya tulisan yang sangat menarik.
  7. Tersedia tampilan reading view dan print view.
  8. Terdapat fitur untuk memasukkan gambar dan clipart.
  9. Tersedia pengaturan tulisan tentang jarak, ukuran, warna, dan sebagainya.
  10. Adanya fitur find dan replace untuk memudahkan mencari kata.
  11. Tersedia fitur bullet dan numbering yang mempermudah membuat poin penting dokumen.
  12. Fitur-fitur lainnya juga sangat memungkinkan untuk mempermudah penyelesaian kerja.
  13. Dan masih banyak lagi.

Kekurangan Atau Kelemahan Microsoft Word Diantaranya Ialah :
  1. Ukuran untuk installer (penginstallan) cukup besar.
  2. Merupakan program aplikasi berbayar.

Microsoft Office Word kini menjadi salah satu aplikasi penting, yang selalu digunakan dalam berbagai bidang. Microsoft Word menjadi sebuah aplikasi pengolah kata, yang paling populer dan banyak digunakan dalam dunia pendidikan, terutama dalam pembuatan berbagai dokumen seperti halnya surat-menyurat, pembuatan laporan, ataupun pembuatan dokumen administrasi guru lainnya.

Untuk dapat memudahkan para guru dalam memahami cara kerja Microsoft Word, kini telah dikembangkan Modul Dasar Pengoperasian Microsoft Word baik itu versi 2007, 2010, ataupun 2013. Adapun isi dari modul tersebut, ialah rangkuman materi dasar untuk mengoperasikan Microsoft Office Word, sehingga dapat memudahkan bagi bapak dan ibu guru sekalian, dalam membuat dokumen Administrasi di sekolah.

Download Modul Dasar Mengoperasikan Microsoft Word Untuk Para Guru
Persyaratan Sistem Microsoft Office 2013 :
  1. Prosesor : 1 Gigahertz (GHz)
  2. Memori (RAM) : 1 Gigabyte (GB) RAM (32-bit), 2 Gigabyte (GB) RAM (64-bit)
  3. Hard Disk : 3 Gigabyte (GB) yang tersedia
  4. Sistem Operasi : Windows 10 (32-bit or 64-bit), Windows 8.1 (32-bit or 64-bit), Windows 8 (32-bit or 64-bit), Windows 7 (32-bit or 64-bit), Windows Server 2012 R2 (64-bit), Windows Server 2012 (64-bit), Windows Server 2008 R2 (64-bit)
  5. Browser : Internet Explorer 8, 9, 10, 11 atau versi terbaru, Mozilla Firefox10.x atau versi terbaru, Google Chrome 17.x atau versi terbaru, Apple Safari 5 atau versi terbaru.
  6. .NET Versi : 3.5, 4.0, atau 4.5

Nah bagi bapak dan ibu guru, yang sedang mencari Modul Dasar Pengoperasian Microsoft Word ini, di sini kami akan menyajikannya untuk Anda. Oleh karena itu, untuk selengkapnya silahkan Anda mengunduh file Modul Dasar Microsoft Word baik 2007, 2010, ataupun 2013 melalui link yang kamui sediakan di bawah ini :

Modul Dasar Mengoperasikan Microsoft Word 2007.pdf (Download)
Modul Dasar Mengoperasikan Microsoft Word 2010.pdf (Download)
Modul Dasar Mengoperasikan Microsoft Word 2013.pdf (Download)

Pada dasarnya isi dari setiap modul tidak jauh berbeda, hanya saja ada beberapa tampilan yang sedikit berbeda, yang disesuaikan dengan tampilan setiap versi aplikasinya. Semoga, Modul Dasar Pengoperasian Microsoft Word yang kami bagikan memiliki manfaat, sehingga dapat memudahkan pekerjaan bapak dan ibu guru dalam membuat file-file dokumen administrasi di sekolah.

Share:

Sample Text

Copyright © kurikulum-pendidikan1.blogspot.com | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com