Administrasi, Informasi, Modul, Dan Berbagai Hal Yang Berkaitan Dengan Dunia Pendidikan

Sabtu, 21 Oktober 2017

Download Modul Latihan Dan Rumus-Rumus Dasar Microsoft Excel Untuk Para Guru

Kurikulum-pendidikan1.blogspot.com | Microsoft Office Excel atau Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi (perangkat lunak), yang merupakan bagian dari paket Software Microsoft Office. Perangkat lunak ini berjenis Spreadsheet. Pada awal dibuatnya, Microsoft Excel ini adalah aplikasi yang berdiri sendiri, dan bukan menjadi bagian dari Microsoft Office.

Namun, dewasa ini Microsoft Excel sudah merupakan satu paket dengan Microsoft Office, yang terdiri dari berbagai perangkat lunak dan merupakan kebutuhan kantor. Aplikasi yang berbentuk lembar kerja ini, dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation, untuk pengguna Apple Mac OS dan Microsoft Windows. Dalam aplikasi ini, tersedia fitur pembuatan grafik dan fitur kalkulasi, yang sifatnya agresif dan progresif.

Microsoft Excel dapat juga digunakan untuk menyelesaikan berbagai keperluan administrasi, dari yang sederhana hingga dokumen administrasi yang rumit. Pada pemakaian keperluan yang sederhana tersebut, misalkan untuk membuat perencanaan kebutuhan suatu perusahaan, berupa perencanaan barang kebutuhan, jumlah maupun harganya.

Sejarah Microsoft Excel :

Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program Spreadsheet, yang menjadi cikal bakal lahirnya Excel. Program ini dinamai Multiplan, dan merupakan program yang sangat populer, dalam sistem operasi CP/M (kecuali sistem MS/DOS yang memiliki Lotus 1-2-3). Mengingat ada saingan, Microsoft tidak tinggal diam. Mereka mulai mengembangkan program Spreadsheet baru yang disebut dengan Excel.

Pada tahun 1985, versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh, sedangkan untuk sistem Windows dirilis pada November 1987, sebagai versi kedua dari Excel. Karena Lotus 1-2-3 terlambat terjun ke pasaran, program Spreadsheet Windows pada akhirnya Excel menggeser posisi Lotus, dalam pasar program Spreadsheet di tahun 1988. Hal inilah, yang kemudian menjadikan Microsoft sebagai salah satu, perusahaan pengembang software komputer pribadi yang handal dan professional.

Microsoft lambat laun terus mengembangkan program pengolah angka ini, dengan mengupdate versi dari tahun ke tahun. Versi terbaru dari Excel untuk Windows saat ini yaitu Excel 2013 (versi 15), sedangkan untuk Mac OS adalah Excel for Mac. Sejak tahun 1993, Excel sudah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Application, yang menambah kemampuan Excel dalam menambah fungsi, yang didefinisikan oleh pengguna untuk dipergunakan dalam Worksheet.

Di dalam versi berikutnya, Excel menambah IDE (Integrated Development Environment) untuk bahasa VBA Microsoft Excel. IDE ini akan memudahkan kalangan programmer, untuk membuat sebuah program. Hingga saat ini, versi terbaru adalah Microsoft Excel 2013, yang termasuk dalam bagian Microsoft Office System.

Download Modul Latihan Dan Rumus-Rumus Dasar Microsoft Excel Untuk Para Guru
Modul Dasar Untuk Guru Lainnya :

Komponen Microsoft Excel :

Dalam Microsoft Excel terdapat beberapa bagian atau komponen, yang di antaranya ialah :
  1. Row Heading, penunjuk lokasi baris dalam sebuah lembar kerja (worksheet) Excel
  2. Column Heading, penunjuk lokasi kolom dalam sebuah lembar kerja Excel
  3. Cell Pointer, penunjuk sel yang aktif
  4. Formula Bar, Tempat di mana rumus diketikkan untuk digunakan dalam sebuah lembar kerja Excel.

Fungsi Microsoft Excel :

Microsoft Excel ini memiliki banyak fungsi dan kegunaan, yang di antaranya ialah :
  1. Untuk membuat laporan keuangan akuntansi.
  2. Untuk keperluan administrasi sebuah instansi.
  3. Untuk mengurutkan beragam data baik pengolah angka maupun kata.
  4. Untuk melakukan perhitungan otomatis dengan menggunakan rumus dan logika.

Kelebihan Microsoft Excel :

Microsoft Excel sebagai program populer memiliki kelebihan atau keunggulan, yang di antaranya ialah :
  1. Antarmuka pengguna yang userfriendly.
  2. Tersedianya fitur untuk membuat grafik data.
  3. Adanya fitur pemrograman VBA.
  4. Kemampuan menyimpan data dalam jumlah besar.
  5. Mudah dioperasikan jika paham rumus dan logika dalam Excel.

Kekurangan Microsoft Excel :

Selain memiliki kelebihan, Microsoft Excel juga memiliki kekurangan atau kelemahan, yang di antaranya ialah :
  1. Merupakan program berlicensi sehingga harus membayarnya kepada pengembang.
  2. Jika belum tahu rumus dan logika excel, akan mengalami kesulitan dalam mengoperasikannya.
  3. Jika salah menggunakan rumus akan berakibat pada kesalahan membaca data.
    (Sumber : http://www.siswamaster.com/2015/11/pengertian-dan-fungsi-microsoft-excel.html)

Kini Microsoft Excel menjadi salah satu aplikasi, yang tidak bisa luput dalam dunia perkantoran, terlebih ketika menyangkut pengolahan data berupa angka. Dalam dunia pendidikan pun, Microsoft Excel sangat sering sekali digunakan, sehingga salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru, ialah mengoperasikan Microsoft Office Excel.
Nah, bagi bapak dan ibu guru yang belum terlalu mahir dalam mengoperasikan Microsoft Excel, tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada Modul Dasar Microsoft Excel. Yang sudah pasti akan sangat membantu bagi bapak dan ibu guru, untuk mempelajari tentang cara pengoperasian aplikasi pengolah data berupa angka satu ini.

Download Modul Latihan Dan Rumus-Rumus Dasar Microsoft Excel Untuk Para Guru
Persyaratan Sistem Microsoft Office 2013 :
  1. Prosesor : 1 Gigahertz (GHz)
  2. Memori (RAM) : 1 Gigabyte (GB) RAM (32-bit), 2 Gigabyte (GB) RAM (64-bit)
  3. Hard Disk : 3 Gigabyte (GB) yang tersedia
  4. Sistem Operasi : Windows 10 (32-bit or 64-bit), Windows 8.1 (32-bit or 64-bit), Windows 8 (32-bit or 64-bit), Windows 7 (32-bit or 64-bit), Windows Server 2012 R2 (64-bit), Windows Server 2012 (64-bit), Windows Server 2008 R2 (64-bit)
  5. Browser : Internet Explorer 8, 9, 10, 11 atau versi terbaru, Mozilla Firefox10.x atau versi terbaru, Google Chrome 17.x atau versi terbaru, Apple Safari 5 atau versi terbaru.
  6. .NET Versi : 3.5, 4.0, atau 4.5.

Oleh sebab itu, disini pada kesempatan kali ini kita akan bagikan untuk Anda, Modul Latihan Dan Rumus-Rumus Dasar Microsoft Excel yang cocok untuk para guru. Untuk selengkapnya, silahkan bapak dan ibu guru sekalian, mengunduh modulnya melalui link yang telah kami sediakan. Format modulnya ialah PDF (.pdf).

Modul Latihan Dan Rumus-Rumus Dasar Microsoft Excel.pdf (Download)

Adapun cakupan isi dari modul yang bapak dan ibu guru sekalian download ialah sebagai berikut :
  • Pengenalan Microsoft Office Excel
  • Pengoperasian Microsoft Excel Secara Mendasar
  • Rumus-Rumus Aritmatika Dalam Microsoft Excel
  • Rumus-Rumus Statistica Dalam Microsoft Excel
  • Fungsi Teks Dalam Microsoft Excel
  • Fungsi Logika Dalam Microsoft Excel
  • Serta Latihan-Latihan

Semoga Modul Latihan Dan Rumus-Rumus Dasar Microsoft Excel yang bapak dan ibu guru download di sini, dapat memiliki manfaat sehingga bapak dan ibu sekalian, dapat dengan mudah mempelajari tentang cara mengoperasikan Microsoft Office Excel. Jangan lupa untuk membagikan ulasan ini, agar yang lain dapat merasakan manfaatnya juga.

Sumber: https://sudutpandangguru.blogspot.co.id/2016/03/Modul-Latihan-Rumus-Excel.html
Share:

Sample Text

Copyright © kurikulum-pendidikan1.blogspot.com | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com