Administrasi, Informasi, Modul, Dan Berbagai Hal Yang Berkaitan Dengan Dunia Pendidikan

Sabtu, 21 Oktober 2017

Download Materi Dasar Mengoperasikan Microsoft PowerPoint Untuk Para Guru

Kurikulum-pendidikan1.blogspot.com | Microsoft Office PowerPoint merupakan sebuah program atau aplikasi komputer, untuk presentasi yag dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka yang disebut Microsoft Office, selain Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Acces, dan beberapa program lainnya.

Pembuatan file presentasi, dapat memudahkan para guru dalam penyampaian materi pembelajaran, kepada para sisiwanya di sekolah. Dengan menggunakan presentasi berbasis aplikasi, diperuntukan sebagai penunjang kegiatan pembelajaran di dalam kelas, sehingga para sisiwa dapat lebih mudah memahami, materi-materi yang disampaikan para guru.

Salah satu aplikasi, yang berguna untuk membantu membuat sebuah file presentasi, ialah aplikasi Microsoft Office PowerPoint dari Microsoft Corporation. Microsoft PowerPoint merupakan sebuah aplikasi, yang terbilang sangat mudah untuk digunakan, dan memiliki cukup lengkap fitur-fitur yang berguan dalam pembuatan file presentasi.

Sejarah Microsoft Powerpoint :

Microsoft PowerPoint dikembangkan pertama kali oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin. Kala itu, Microsoft PowerPoint digunakan sebagai presenter untuk perusahaan Forethought.Inc, yang kemudian namanya diubah menjadi PowerPoint. PowerPoint versi 1 dirilis pada tahun 1987, dan komputer yang didukungnya adalah Macintosh. Saat itu, PowerPoint masih menggunakan warna hitam putih saja dan mampu membuat halaman teks dan grafik, untuk transparasi OHP (OverHead Projector).

Di tahun berikutnya, Microsoft PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh  berwarna muncul dipasaran. Pada tanggal 31 Juli 1987, Microsoft mengakuisisi Forethought.Inc dengan PowerPoint, seharga 14 juta dollar. Mengikuti Microsoft Windows 3.0, versi Ms. Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul di pasaran, tepatnya pada tahun 1990. Semenjak tahun 1990 inilah, Microsoft PowerPoint tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran, Microsoft Office terkecuali Basic Edition.

Sampai saat ini, Microsoft PowerPoint terus berkembang dan mengalami penambahan fitur, dari tahun ke tahunnya. Versi terbaru dari Ms. Powerpoint adalah Microsoft Office PowerPoint 2013 (versi 15), yang dirilis bulan Januari 2015 yang lalu. Dalam Microsoft PowerPoint 2013 ini, antarmuka dengan pengguna dan grafik sangat ditingkatkan, sehingga Microsoft PowerPoint lebih menarik dan Userfriendly. Versi ini juga menawarkan format data XML dengan ekstensi .pptx, yang sebelumnya merupakan data biner dengan ekstensi .ppt

Download Materi Dasar Mengoperasikan Microsoft PowerPoint Untuk Para Guru

Fungsi dan Kegunaan Microsoft Powerpoint :

Ada beberapa kegunaan atau fungsi dari Ms PowerPoint, yang di antaranya ialah :
  1. Sarana untuk mempermudah sebuah presentasi.
  2. Membuat sebuah presentasi berbentuk softcopy sehingga dapat diakses oleh berbagai perangkat komputer.
  3. Membuat presentasi dalam bentuk slide yang menarik dan cantik dengan dukungan fitur audio, video, gambar dan animasi serta template/desain yang akan dipergunakan.
  4. Mempermudah dalam membuat, mengatur dan mencetak berbagai slide.

Format data Microsoft PowerPoint :

Untuk menyimpan sebuah data PowerPoint, powerpoint menyediakan beragam format data , yang di antaranya ialah :
  1. .PPT (PowerPoint Presentaion). Merupakan ekstensi untuk data biner dan tersedia dalam segala versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12).
  2. .PPS (PowerPoint Show). Merupakan ekstensi untuk data biner dan tersedia dalam segala versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12).
  3. .POT (PowerPoint Template). Merupakan ekstensi untuk data biner dan tersedia dalam segala versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12).
  4. .PPTX (PowerPoint Presentation). Merupakan ekstensi untuk data dalam bentuk XML dan hanya tersedia dalam versi PowerPoint 12.

Keunggulan Microsoft PowerPoint :

Ada beberapa keunggulan atau kelebihan Ms. PowerPoint, yang di antaranya ialah :
  1. Mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.
  2. Tersedia beragam desain dan template yang menarik.
  3. Dapat dibuat dalam berbagai format data.
  4. Dapat mengedit foto secara langsung.
  5. Adanya fitur pergerakan seperti Transition dan Custom Animation.
  6. Adanya fitur untuk memasukkan konten dari lain aplikasi yang mendukung OLE (Object Linking and Embedding).

Kekurangan Microsoft PowerPoint :
  1. Adanya licensi yang memungkinkan penggunanya untuk membayar program aplikasi powerpoint ini.
    (Sumber : www.siswamaster.com/2015/11/pengertian-dan-fungsi-microsoft-powerpoint.html)

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan untuk Anda sekalian, Modul Dasar Pembuatan File Presentasi menggunakan Microsoft PowerPoint, sebagai sarana pembelajaran untuk bapak dan ibu guru sekalian, sehingga dapat mengoperasikan Microsoft PowerPoint dengan baik. Dengan begitu, dapat memanfaatkan PowerPoint untuk membuat file presentasi, ataupun sebagai sarana penunjang pembelajaran di sekolah.

Download Materi Dasar Mengoperasikan Microsoft PowerPoint Untuk Para Guru
Persyaratan Sistem Microsoft Office 2013 :
  1. Prosesor : 1 Gigahertz (GHz)
  2. Memori (RAM) : 1 Gigabyte (GB) RAM (32-bit), 2 Gigabyte (GB) RAM (64-bit)
  3. Hard Disk : 3 Gigabyte (GB) yang tersedia
  4. Sistem Operasi : Windows 10 (32-bit or 64-bit), Windows 8.1 (32-bit or 64-bit), Windows 8 (32-bit or 64-bit), Windows 7 (32-bit or 64-bit), Windows Server 2012 R2 (64-bit), Windows Server 2012 (64-bit), Windows Server 2008 R2 (64-bit)
  5. Browser : Internet Explorer 8, 9, 10, 11 atau versi terbaru, Mozilla Firefox10.x atau versi terbaru, Google Chrome 17.x atau versi terbaru, Apple Safari 5 atau versi terbaru.
  6. .NET Versi : 3.5, 4.0, atau 4.5.

Cakupan Isi Modul Dasar Pembuatan File Presentasi menggunakan Microsoft Office PowerPoint :
  • Pengenalan Power Point
  • Navigasi dan Menu Dasar dalam Microsoft Power Point
  • Action Button dan Hyperlink
  • Penggunaan Trigger dalam Microsoft Power Point

Modul Dasar Pembuatan File Presentasi menggunakan Microsoft Office PowerPoint dapat Bapak dan Ibu Guru Unduh (Download) melalui link yang telah kami sematkan di bawah ini.

Modul Dasar Pembuatan Presentasi Menggunakan Microsoft Office PowerPoint.pdf (Download)

Penggunaan Microsoft Office PowerPoint sangatlah penting bagi seorang guru. Hal tersebut dikarenakan, PowerPoint dapat guru-guru manfaatlan sebagai sarana pembuatan media pembelajaran, guna menyampaikan materi pembelajaran secara lebih menarik dan mudah dipahami. Semoga apa yang kami bagikan di sini ada manfaatnya.

Share:

Sample Text

Copyright © kurikulum-pendidikan1.blogspot.com | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com