Administrasi, Informasi, Modul, Dan Berbagai Hal Yang Berkaitan Dengan Dunia Pendidikan

Rabu, 25 Oktober 2017

Download Contoh Soal CAT CPNS Beserta Pembahasannya Untuk Tahun 2017

Kurikulum-pendidikan1.blogspot.com | Seperti yang kita ketahui, untuk saat ini ranah pemerintahan Indonesia, sedang hangat memberitakan tentang peluang dan penerimaan calon-calon pegawai negeri sipil (PNS) terbaru. Pemerintah melalui kementrian PAN-RBnya, telah mengeluarkan putusan dengan memberikan peluang, kepada putran putri bangsa terbaik untuk bisa berbakti bagi negara.

Dalam hal ini putra dan putri terbaik bangsa, akan diberi kesempatan untuk mengikuti beberapa seleksi, guna mengisi sejumlah jabatan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Ataupun CPNS, di tahun 2017 yang sedang berjalan ini. Karena itulah, untuk mempermudah Anda dalam mengikuti proses seleksi tersebut, di sini kami akan membagikan beberapa file contoh soal CAT CPNS, yang disertai dengan jawaban dan pembahasannya. 

Meskipun contoh soal ini merupakan soal terdahulu, bukan tak mungkin beberapa diantaranya akan keluar kembali, dalam tes yang akan di lakukan sekarang ini. Lebih mudahnya seperti ini, jika ingin berhasil menggapai sesuatu, tentu harus banyak belajar terlebih dahulua. 

Seperti halnya murid SMP atau SMA, yang akan menghadapi ujian nasional, tentu oleh gurunya akan diberi beberapa latihan. Baik dalam bentuk pemadatan atau latihan mengerjakan soal. Nah, biasanya soal yang diberikan oleh sang guru, ialah contoh-contoh soal ujian terdahulu bukan?. 

Karena itulah, dengan dibagikannya contoh-contoh soal CPNS ini, kami harapkan Anda sebagai peserta akan memiliki bekal, serta dapat lebih siap dalam mengerjakan soal CPNS sesungguhnya. Karena bukan tak mungkin, orang yang telah memiliki bekal yang bisa dibilang cukup, akan memiliki peluang yang lebih besar dalam hal kelulusan tes CPNS ini.

Dari informasi yang beredar, dikatakan bahwa kementrian PAN-RB telah memberikan banyak peluang, dalam pembukaan lowongan CPNS tahun 2017 ini. Salah satunya, ialah dengan memberikan peluang sebanyak 17.962 formasi, pada sejumlah posisi. Nah bagi Anda yang yang sudah dan ingin mendaftar CPNS, maka sudah sepantasnya mempersiapkan segal hal yang diperlukan. 

Termasuk di dalamnya ialah persiapan pengetahuan, dengan cara mempelajari contoh-contoh soal CPNS terdahulu, yang tidak menutup kemungkinan juga akan keluar kembali dalam tes CPNS kali ini. Namun sebelum beranjak pada hal yang utama, alangkah lebih baiknya kita mengenal terlebih dahulu, apa itu sistem CAT (Computer Assisted Test).

Download Contoh Soal CAT CPNS Beserta Pembahasannya Untuk Tahun 2017

Penjelasan singkat tentang Sistem CAT CPNS Tes Online :

Pemerintah melalui peraturan barunya, sudah menerapkan Sistem Computer Assisted Test (CAT), dalam proses penerimaan dan seleski CPNS. Dengan CAT ini diharapkan seleksi CPNS menjadi lebih praktis, efisien, dan terbuka. Sehinggan para calon/pelamar, bisa dipantau langsung oleh pemerintah melalui server yang digunakan. Adapun uraian lebih lengkap tentang tes CAT CPNS bisa Anda pelajari lebih lengkap dibawah ini.

Pengertian Seleksi CPNS Terbaru dengan Sistem CAT :

Computer Assisted Test (CAT) (https://kuliahgratisindonesia.blogspot.co.id/2015/11/apa-itu-catcomputer-assisted-test.html) merupakan inovasi dari pelaksanaan ujian, yang biasanya menggunakan lembar jawaban dan tumpukan kertas soal, yang memakan banyak biaya untuk tiap seleksi menjadi murah dan efisien. Sistem ini digunakan pemerintah dengan menggunakan alat bantu berupa komputer, yang dipakai untuk mendapatkan standar minimal kompetisi dasar, bagi para peserta CPNS. Standar kompetensi dasar CPNS ini, sangat penting dan diperlukan untuk bisa mewujudkan profesionalisme PNS. Dan simstem CAt ini dipercaya mampu menjamin standar kompetensi dasar tersebut dalam Tes Kompetensi Dasar (TKD).

Adapun soal-soal TKD CAT CPNS 2017, dibuat atau disusun oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan tiga bidang pengujian, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Dan waktu pengerjaan soalnya adalah 90 menit. Sedangkan kisi-kisi materi Tes Kompetensi Bidang (TKB), disusun dan ditetapkan masing- masing instansi pembina jabatan fungsional.

Apa Saja yang Akan Diuji dalam Tes CAT CPNS :

Berdasarkan Peraturan Menteri PAN-RB No.35/2013, bahwa kisi-kisi soal CPNS yang diterapkan dalam sistem CAT mempunyai komposisi sebagai berikut :

A. Tes 1 terdiri dari 35 soal untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dengan materi sebagai berikut :

- Aspek integritas
- Aspek kejujuran
- Aspek tanggungjawab
- Aspek kepandaian beradaptasi.
- Aspek pengendalian diri
- Aspek semangat berprestasi
- Aspek inisiatif
- Aspek kreatifitas kerja
- Aspek ketekunan
- Aspek apresiasi kepada orang lain
- Aspek ketegasan
- Aspek Sudut kepercayaan diri
- Aspek Sudut toleransi
- Aspek Sudut kepedulian lingkungan
- Aspek Sudut efisiensi cara kerja

B. Tes 2 terdiri dari 35 soal untuk Tes Inteligensia Umum (TIU), dengan materi sebagai berikut :

- Kemampuan verbal, yakni kemampuan dalam memberi tahu informasi, baik secara lisan maupun tertulis;
a. Sinonim
b. Antonim
c. Padanan Kata

- Kemampuan numerik, yakni kemampuan melakukan operasi perhitungan angka, dan memandang hubungan di antara angka-angka;
a. Aljabar
b. Aritmetika

- Kemampuan berpikir logis, yakni kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis;
- Deret
- Silogisme

- Kemampuan berpikir analitis, yakni kemampuan mengurai sebuah persoalan secara sistematis;
- Analitik
- Spasial

C. Tes 3 terdiri dari 30 soal untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dengan materi sebagai berikut :

Pancasila;
Undang Undang Dasar 1945;
Bhineka Tunggal Ika; dan
Negara Kesatuan Republik Indonesia:
a. Sistem tata negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,
b. Sejarah perjuangan bangsa,
c. Peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan
d. Kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

Sistem Penilaian Tes CAT CPNS 2017 :

Kelulusan peserta ujian CPNS didasarkan pada kualitas passing grade, dan apabila jumlah yang memenuhi kualitas ambang batas kelulusan melebihi jumlah formasi jabatan yang telah ditetapkan, maka penetapan selanjutnya berdasarkan rangking kualitas paling atas berurutan kualitas berikutnya hingga dengan jumlah formasi yang telah ditetapkan.

Contoh Soal CAT CPNS 2017 Serta Pembahasannya :

Dibawah ini adalah beberapa contoh soal CAT CPNS terdahulu, yang dilengkapi dengan jawaban serta pembahasannya. Anda bisa mendownlaodnya dengan gratis dan menggunakannya sebagai bahan latihan sebelum melaksanakan ujian sesungguhnya.

Contoh Soal TIU Dan TWK Serta Kunci Jawabannya.pdf (Download)
Contoh Soal TIU CPNS dan Jawaban.docx (Download)
Contoh Soal CPNS TKB Formasi Tenaga Pendidik.docx (Download)
Contoh Soal dan Tes Wawasan Kebangsaan Atau TWK.pdf (Download)
Contoh Soal CPNS Kebijakan Pemerintah Dan Jawabanan.pdf (Download)
Contoh Soal CPNS Bahasa Inggris Dan Jawaban.pdf (Download)
Contoh Soal CPNS Pengetahuan Umum Dan Pembahasan.pdf (Download)
Contoh Soal CPNS Tata Negara dan Pembahasan.pdf (Download)
E-book Seri Panduan Sukses Bentuk Soal CPNS.pdf (Download)

Semoga contoh-contoh soal CAT CPNS yang Anda download di sini, dapat bermanfaat sebagai bahan belajar bagi Anda sekalian, yang mengikuti tesp penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil yang digelar tahun ini. Diharapkan pula, contoh-contoh soal dan pembahasannya yang kami bagikan ini, dapat memberikan gambaran bagi Anda untuk menyelesaikan soal-soal yang disajikan. 

Sumber : http://www.anakregular.com/2017/09/contoh-soal-cat-cpns-dan-pembahasannya.html
Share:

Sample Text

Copyright © kurikulum-pendidikan1.blogspot.com | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com