Administrasi, Informasi, Modul, Dan Berbagai Hal Yang Berkaitan Dengan Dunia Pendidikan

Rabu, 25 Oktober 2017

Download Pengertian Dan Contoh Surat Menyurat Yang Baik Dan Benar Serta Lengkap

Kurikulum-pendidikan1.blogspot.com | Surat merupakan sebuah sarana komunikasi, untuk menyampaikan informasi secara tertulis, dari satu pihak kepada pihak lainnya. Sebelum teknologi terutama di bidang komunikasi mengalami perkembangan, surat pernah menjadi salah satu media andalan untuk mengirimkan informasi, dari suatu tempat ke tempat lain yang jaraknya berjauhan.

Kini perkembangan teknologi di bidang komunikasi, mengalami perkembangan yang begitu pesat. Sehingga komunikasi dapat berlangsung secara cepat, meski kedua pihak berada di tempat yang berbeda dan jauh jaraknya, penggunaan surat sebagai media komunikasi pun mulai meredup. Namun dibeberapa sendi kehidupan, penggunaan surat masih sangat diperlukan, seperti halnya ketika melamar pekerjaan, perjanjian, dan lain sebagainya.

Sehingga penggalian informasi tentang cara menulis surat yang baik dan benar, struktur surat yang baik dan benar, perbedaan surat, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan surat, masihlah terasa relevan hingga kini. Dan oleh sebab itu, pada ulasan kita kali ini akan kita paparkan, mengenai beberapa jenis surat beserta contoh konkritnya. Langsung saja, berikut ini ulasannya :

Download Pengertian Dan Contoh Surat Menyurat Yang Baik Dan Benar Serta Lengkap
Contoh Tugas Lainnya :

Fungsi Surat

Ada beberapa fungsi dari surat, yang diantaranya ialah sebagai sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran dan gagasan, alat bukti tertulis, alat pengingat, bukti historis, dan pedoman kerja. Pada umumnya, dibutuhkan perangko dan juga amplop, sebagai alat ganti bayar jasa pengiriman. Semakin jauh tujuan pengiriman surat, maka nilai yang tercantum pada perangko, biasanya akan semakin besar juga.

Jenis-Jenis Surat

Surat secara umum digolongkan menjadi tiga yaitu surat pribadi, surat dinas, dan surat niaga apabila ditinjau dari segi bentuk, isi, dan bahasanya. Sedangkan apabila digolongkan berdasarkan berdasarkan pemakaiannya dapat dibagi menjadi tiga yaitu surat pribadi, surat resmi, dan surat dinas.

- Surat Pribadi

Pengertian Surat Pribadi :

Surat Pribadi merupakan surat yang digunakan untuk kepentingan pribadi. Surat dapat berupa korespondensi antara sesama teman atau keluarga.

Ciri-Ciri Surat Pribadi :
  1. Tidak menggunakan kop surat
  2. Tidak ada nomor surat
  3. Salam pembuka dan penutup bervariasi
  4. Penggunaan bahasa bebas, sesuai keinginan penulis
  5. Format surat bebas

Contoh Surat Pribadi :

Berikut ini beberapa Contoh Surat Pribadi yang dapat Anda unduh, sebagai bahan pembelajaran untuk dapat lebih memahami tentang Surat Pribadi, serta sebagai acuan bagi Anda yang sedang berlatih menulis Surat Pribadi yang baik dan benar.

File Preview :


Download Disini

Download Pengertian, Ciri-Ciri, Dan Contoh Surat Pribadi.docx

- Surat Resmi

Pengertian Surat Resmi :

Surat Resmi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan resmi, baik perseorangan, instansi, maupun organisasi; misalnya undangan, surat edaran, dan surat pemberitahuan.

Ciri-Ciri Surat Resmi :
  1. Menggunakan kop surat apabila dikeluarkan organisasi
  2. Ada nomor surat, lampiran, dan perihal
  3. Menggunakan salam pembuka dan penutup yang lazim
  4. Penggunaan ragam bahasa resmi
  5. Menyertakan cap atau stempel dari lembaga resmi
  6. Ada aturan format baku bagian-bagian surat resmi:
A. Kepala/kop surat
Kop surat terdiri dari:
  1. Nama instansi/lembaga, ditulis dengan huruf kapital/huruf besar.
  2. Alamat instansi/lembaga, ditulis dengan variasi huruf besar dan kecil
  3. Logo instansi/lembaga
B. Nomor surat, yakni urutan surat yang dikirimkan
C. Lampiran, berisi lembaran lain yang disertakan selain surat
D. Hal, berupa garis besar isi surat
E. Tanggal surat (penulisan di sebelah kanan sejajar dengan nomor surat)
F. Alamat yang dituju (jangan gunakan kata kepada)
G. Pembuka/salam pembuka (diakhiri tanda koma)
H. Isi surat

Uraian isi berupa uraian hari, tanggal, waktu, tempat, dan sebagainya ditulis dengan huruf kecil, terkecuali penulisan berdasarkan ejaan yang disempurnakan (EYD) haruslah menyesuaikan.

A. Penutup surat
Penutup surat, berisi:
  1. Salam penutup
  2. Jabatan
  3. Tanda tangan
  4. Nama (biasanya disertai nomor induk pegawai atau NIP)
B. Tembusan surat, berupa penyertaan/pemberitahuan kepada atasan tentang adanya suatu kegiatan

Contoh Surat Resmi :

Berikut ini beberapa Contoh Surat Resmi yang dapat Anda unduh, sebagai bahan pembelajaran untuk dapat lebih memahami tentang Surat Resmi, serta sebagai acuan bagi Anda yang sedang berlatih menulis Surat Resmi yang baik dan benar.

File Preview :


Download Disini

Download Pengertian, Ciri-Ciri, Dan Contoh Surat Resmi.docx

- Surat Niaga

Pengertian Surat Niaga :

Surat Niaga digunakan bagi badan yang menyelenggarakan kegiatan usaha niaga seperti industri dan usaha jasa. Surat ini sangat berguna dalam membangun hubungan dengan pihak luar sehingga harus disusun dengan baik. Surat Niaga terdiri atas surat jual beli, kwintansi, dan perdagangan; dan dapat dibagi atas surat niaga internal dan surat niaga eksternal. Salah satu contoh dari surat niaga adalan surat penawaran dan surat penagihan.

Contoh Surat Niaga :

Berikut ini beberapa Contoh Surat Niaga yang dapat Anda unduh, sebagai bahan pembelajaran untuk dapat lebih memahami tentang Surat Niaga, serta sebagai acuan bagi Anda yang sedang berlatih menulis Surat Niaga yang baik dan benar.

File Preview :


Download Disini

Download Pengertian Dan Contoh Surat Niaga.docx

- Surat Dinas

Pengertian Surat Dinas :

Surat Dinas digunakan untuk kepentingan pekerjaan formal seperti instansi dinas dan tugas kantor. Surat ini penting dalam pengelolaan administrasi dalam suatu instansi. Fungsi dari surat dinas yaitu sebagai dokumen bukti tertulis, alat pengingat berkaitan fungsinya dengan arsip, bukti sejarah atas perkembangan instansi, dan pedoman kerja dalam bentuk surat keputusan dan surat instruksi. 

Ciri-Ciri Surat Dinas :
  1. Menggunakan kop surat dan instansi atau lembaga yang bersangkutan
  2. Menggunakan nomor surat, lampiran, dan perihal
  3. Menggunakan salam pembuka dan penutup yang baku
  4. Menggunakan bahasa baku atau ragam resmi
  5. Menggunakan cap atau stempel instansi atau kantor pembuat surat
  6. Format surat tertentu

Contoh Surat Dinas :

Berikut ini beberapa Contoh Surat Dinas yang dapat Anda unduh, sebagai bahan pembelajaran untuk dapat lebih memahami tentang Surat Dinas, serta sebagai acuan bagi Anda yang sedang mencoba untuk menulis Surat Dinas yang baik dan benar.

File Preview :


Download Disini

Download Pengertian, Ciri-Ciri, Dan Contoh Surat Dinas.docx

- Surat Lamaran Kerja

Pengertian Surat Lamaran Kerja :

Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang dibuat dan dikirimkan oleh seseorang yang ingin bekerja di sebuah kantor, perusahaan ataupun instansi tertentu. Surat lamaran pekerjaan termasuk surat dinas atau resmi. Oleh karena itu, terdapat aturan-aturan tertentu yang harus diperhatikan dalam penulisannya.

Contoh Surat Lamaran Kerja :

Berikut ini beberapa Contoh Surat Lamaran Kerja yang dapat Anda unduh, sebagai bahan pembelajaran untuk dapat lebih memahami tentang Surat Lamaran Kerja, serta sebagai acuan bagi Anda yang sedang mencoba menulis Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar.

File Preview :


Download Disini

Download Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Umum.docx

Bagian-Bagian Surat Secara Umum

A. Kepala surat
B. Tempat dan tanggal pembuatan surat
C. Nomor surat
D. Lampiran
E. Hal atau perihal
F. Alamat tujuan
G. Salam pembuka
H. Isi surat yang terbagi lagi menjadi tiga bagian pokok yaitu :
  1. paragraf pembuka
  2. isi surat
  3. paragraf penutup
I. Salam penutup
J. Tanda tangan dan nama terang

Itulah ulasan mengenai pengertian, ciri-ciri, dan juga beberapa contoh surat yang baik, menarik, dan juga benar. Semoga dengan ulasan dan contoh-contoh surat yang kami bagikan di sini, dapat mempermudah Anda sekalian dalam memahami tentang surat, dan juga memudahkan Anda dalam pembuatan sebuah surat yang baik dan benar.

Sumber : https://fadhilahalhayat.wordpress.com/2015/06/30/surat-pengertian-dan-jenis-jenis-surat/
Share:

Sample Text

Copyright © kurikulum-pendidikan1.blogspot.com | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com